Senin, 25 November 2013

China Sukses Uji Pesawat UAV Siluman

UNTUK pertama kali, militer China telah menguji coba pesawat tak berawak pertama dengan kemampuan menyerang dan juga kemampuan menghilang. Pesawat siluman tanpa awak ini disebut-sebut mirip dengan pesawat pengebom B2 milik Amerika Serikat (AS), namun ukurannya lebih kecil.

Sharp Sword, pesawat tanpa awak Cina

Uji coba pesawat tak berawak yang disebut 'Sharp Sword' ini, dianggap sebagai langkah maju bagi militer China. Terlebih, anggaran pertahanan China tercatat sebagai yang tertinggi kedua di dunia.

"Penerbangan yang sukses menunjukkan bahwa negara ini kembali mempersempit kesenjangan kekuatan udara dengan negara-negara Barat," demikian tulis surat kabar setempat, China Daily seperti dilansir AFP (24/11/2013).


China Daily juga memuji militer China karena mampu menerbangkan pesawat siluman tak berawak di angkasa. Dalam foto yang beredar secara online, terlihat bahwa pesawat siluman berwarna abu-abu tersebut memiliki mesin jet dan menyerupai pesawat tanpa awak milik AS.

Televisi nasional China, CCTV mengutip saksi mata yang menyaksikan langsung uji coba pesawat tak berawak tersebut. Uji coba tersebut berlangsung selama 30 menit pada Kamis (21/11/2013) sore waktu setempat di wilayah Chengdu.

"Uji coba Menyiratkan bahwa China melakukan lompatan dari pesawat tak berawak biasa ke pesawat tak berawak dengan kemampuan menyerang," ucap saksi mata tersebut.

Pesawat tanpa awak terbaru ini dikembangkan oleh dua anak perusahaan Aviation Industry Corp of China, yang merupakan pabrik pembuat pesawat terbesar di China. (POL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...