Rabu, 13 November 2013

Amerika Serikat Membuat Drone Canggih Seharga Rp 15,3 triliun

Jika melihat gambar di atas, sepertinya itu adalah gambar pesawat luar angkasa dalam film-film science fiction. Padahal, gambar di atas adalah wujud pesawat tanpa awak (drone) terbaru buatan Amerika Serikat.


Dilansir DailyMail (12/11), Amerika Serikat baru saja merilis pesawat tanpa awak senilai 1 miliar Euro atau setara dengan Rp 15,3 triliun. Pesawat tak berawak (Super drone) terbaru ini dapat terbang pada kecepatan supersonik dan hanya menggunakan GPS untuk memandunya membelah langit.


Pesawat yang masih dalam tahap pengujian ini nantinya akan dikembangkan untuk membantu desain masa depan dari kendaraan tak berawak Amerika Serikat selanjutnya. Selain itu, pesawat ini sendiri merupakan drone pertama yang dirancang untuk lepas landas dan mendarat di kapal induk.



Pesawat ini diklaim bisa menampilkan sudut pengawasan hingga 360 derajat di lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data intelijen atau melakukan serangan rudal mematikan tanpa menempatkan personel atau prajurit dalam risiko yang berbahaya.

Pesawat ini sendiri diperkirakan siap produksi masal dan digunakan pada tahun 2020 mendatang. (Merdeka)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...