Rabu, 17 Juli 2013

Kapal Korea Utara Selundupkan Rudal Canggih dari Kuba

Aparat di Panama menyita kapal berbendera Korea Utara yang ternyata menyelundupkan rudal canggih dari Kuba. Rudal-rudal itu tersembunyi di antara kargo lainnya di kapal berawak lebih dari 30 orang tersebut.

Kapal Korea Utara Selundupkan Rudal Canggih dari Kuba
Rudal yang diselundupkan dalam kapal Korea Utara | Telegraph.co.uk

Diberitakan Reuters, Selasa 16 Juli 2013, kapal itu dihentikan ketika mendekati kanal Panama, dekat pelabuhan Manzanillo di sisi Samudera Atlantik. Awalnya, kapal itu diduga membawa narkoba. Namun ketika diperiksa ada beberapa rudal besar berwarna hijau dalam kontainer yang juga berisi gula merah.


"Kami akan tetap mengosongkan kapal itu dan mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Kau tidak bisa membawa kapal dengan senjata yang tak terdaftar melalui Kanal Panama," kata Presiden Panama, Ricardo Martinelli.

Martinelli mengatakan, sebanyak 35 awak kapal ditahan. Kapten kapal dilaporkan hendak mencoba bunuh diri sesaat setelah kapal mereka dihentikan. Menurut Javier Caraballo, jaksa penuntut Panama, kapal itu hendak pulang menuju Korut.

Di bawah sanksi PBB, Korut dilarang mengekspor dan mengimpor senjata. Sanksi ini diperketat setelah negara itu melakukan uji nuklir ketiga mereka 12 Februari lalu. Termasuk dalam sanksi adalah kewajiban pemeriksaan terhadap seluruh kapal Korut.  (VivaNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...