Jumat, 11 Oktober 2013

Kestabilan Asia Pasifik tergantung hubungan AS-China

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan kestabilan kawasan Asia Pasifik sangat bergantung hubungan China dan Amerika Serikat. Untuk itu kedua negara dituntut untuk menjaga hubungan baik.

Kestabilan Asia Pasifik tergantung hubungan AS-China

"Hubungan kedua negara adidaya tersebut harus senantiasa dijaga secara bertanggung jawab," kata Lee saat berbicara di diskusi panel APEC CEO Summit, di Nusa Dua, Bali, Minggu (10/6).

Lee yakin AS masih akan mempertahankan pengaruhnya sebagai negara terkuat di dunia hingga 20 tahun mendatang. Saat ini negara paman sam itu tengah berupaya mengarahkan pengaruhnya ke kawasan Asia Pasifik.


Tetapi, upaya ke arah itu masih harus dibagi dengan upaya menjadi "polisi" di kawasan lain, seperti di Suriah yang sedang mengalami. "Dan hal itu tentunya merupakan hal yang baik," katanya.

Selain itu, pemerintah AS juga menghadapi masalah internal berupa terhentinya sejumlah layanan publik lantaran peliknya pembahasan anggaran. Ini membuat Presiden Barack Obama terpaksa membatalkan kehadirannya dalam KTT APEC.

"Situasi saat ini tidak akan membantu karena masih banyak kebijakan jangka panjang dan mendasar yang harus diambil pemerintah AS," katanya. (Merdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...