Selasa, 30 Juli 2013

PBB Minta Kondisi Lapas di Indonesia Diperbaiki

Direktur Lembaga Badan Hukum Masyarakat, Ricky Gunawan mengatakan kondisi lapas di Indonesia harus segera diperbaiki oleh pemerintah. Pasalnya keadaan lapas di Indonesia menjadi salah satu rekomen dari Komite HAM PBB untuk segera diperbaiki.

PBB Minta Kondisi Lapas di Indonesia Diperbaiki
Pasca Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta, Medan

"Soal kondisi Lapas, beberapa waktu lalu hal ini cukup menarik perhatian. Kondisi lapas di Indonesia sudah over kapasitas. Hal ini jadi perhatian juga oleh Komite HAM PBB," terang Ricky, Senin (29/7/2013) di Jakarta.


Beberapa masalah lapas yang perlu segera diperbaiki menurut rekomendasi Komite HAM PBB yakni banyaknya kasus tahanan yang meninggal dunia di dalam lapas. Hal ini berhubungan juga dengan sanitasi dan pelayanan kesehatan yang buruk.

"Pemerinta, dalam hal ini Kemenkumham harus segera ambil tindakan untuk atasi over kapasitas ini," katanya.

Dengan adanya rekomen tersebut, Ricky berharap pemerintah konsisten menjalankan rekomendasi tersebut dengan menyusun mekanisme kerja dan mekanisme evaluasi. Termasuk juga segera mensosialisasikan rekomendasi pada forum-forum resmi dengan melibatkan DPR dan lembaga negara lainnya. (Tribun)

1 komentar:

  1. lapasnya dibikin bintang 5 dan VIP aja biar napinya betah dan tambah ramai penghuninya.... sebenarnya ngambil satu pulau kecil yg terpencil di tengah lautan lepas untuk 100% lapas malah bagus dan aman dari jangkauan publik,.. napi kabur pun sepertinya tak mngkn mskupun lapas tanpa pintu, mau kabur kemana sekelilingnya lautan banyak hiunya........

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...