Rabu, 20 Maret 2019

Poseidon, Drone Bawah Air Berkemampuan Siluman Pertama Di Dunia

Poseidon merupakan drone bawah laut terbaru dan paling mutakhir yang dimilik militer Rusia saat ini. Drone ini didukung dengan propulsi bertenaga nuklir sehingga mampu mengarungi lautan dan samudra tanpa henti dengan kecepatan yang melebihi kapal selam maupun torpedo yang ada saat ini.

Poseidon, Drone Bawah Air Berkemampuan Siluman Pertama Di Dunia

Dalam pernyataanya pada 1 Maret 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, robot ini akan melakukan perjalanan secara senyap di sepanjang dasar laut saat mendekati target. “Robot ini beroperasi pada kedalaman yang sangat baik dan kecepatan jelajah antarbenuanya melebihi beberapa kali lipat kecepatan kapal selam, torpedo paling mutakhir, dan semua jenis kapal permukaan, bahkan yang tercepat,” jelas Putin.


Ia pun menegaskan, tak ada yang dapat dapat menghentikan ancaman yang ditimbulkan oleh sistem robot ini. Para ahli percaya bahwa Poseidon adalah hasil penelitian di bawah Proyek Status-6 untuk mengembangkan senjata pemusnah massal bawah air.

“Ini mungkin pengembangan proyek Soviet — robot bawah laut dirancang untuk mengirimkan bom kobalt (sejenis salted bomb atau senjata nuklir yang kekuatannya kurang dari 0,0001 daya ledak satu ons antimateri) ke garis pantai musuh tanpa terdeteksi. Ledakannya akan menciptakan tsunami yang mampu menyapu kota besar dari permukaan bumi dalam sekejap," ungkap analis militer TASS Viktor Litovkin kepada Russia Beyond.

Dia menbambahkan, peledakan bom kobalt akan memiliki efek yang mirip dengan hulu ledak nuklir. (RBTH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...