Selasa, 03 Desember 2013

Pentagon Gunakan Kapal Cape Ray Untuk Hancurkan Senjata Kimia Suriah

Militer AS telah mulai menyiapkan perlengkapan untuk kapal yang akan digunakan untuk membantu penghancuran senjata kimia Suriah dengan peralatan khusus. Pentagon menegaskan  sebuah unit hidrolisis sedang diinstal pada MV Cape Ray, sebuah kapal kargo 650 kaki,  yang akan digunakan untuk menetralisir sejumlah bahan kimia mematikan Suriah.

Pentagon Gunakan Kapal Cape Ray Untuk Hancurkan Senjata Kimia Suriah
Kapal Cape Ray Akang digunakan sebagai kapal penghancur senjata kimia suriah

"Kami sedang mempersiapkan Cape Ray untuk menjadi bagian dari proses penghancuran, jika kita bertugas dengan misi itu," kata juru bicara Pentagon Kolonel Steven Warren.

Kapal yang merupakan bagian dari armada cadangan yang digunakan untuk membantu mengangkut peralatan militer dalam waktu singkat saat ini tengah menjalani modifikasi di pelabuhan angkatan laut Norfolk di Virginia.


Militer AS belum menerima perintah resmi untuk melaksanakan pekerjaan itu, tetapi ingin melakukannya dengan perencanaan yang cermat dan hati-hati.

Pentagon mengakui persiapan dilakukan setelah lembaga pengawas senjata kimia dunia yaitu Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) mengatakan sebuah kapal Amerika akan membantu menghancurkan zat paling berbahaya yaitu bahan senjata kimia Suriah.

Kapal-kapal angkatan laut AS dan pesawat kemungkinan akan membantu memberikan keamanan selama upaya penghancuran di laut, demikian disampaikan dua pejabat pertahanan yang mau berbicara dengan syarat anonim.

Berdasarkan perjanjian internasional untuk menghindari serangan militer AS ke Damaskus, senjata kimia paling berbahaya Suriah harus keluar dari negara ini sebelum batas waktu 31 Desember.

Para pejabat mengatakan kapal AS akan dilengkapi dengan Deployable Hidrolisis System, unit mobile baru yang dikembangkan oleh Pentagon awal tahun ini.

Hidrolisis bisa menetralisir zat kimia mematikan seperti gas mustard dengan air panas dan senyawa lainnya yang menghasilkan lumpur setara dengan limbah beracun industri.

Sigrid Kaag, pejabat tinggi PBB dari sendi misi PBB-OPCW membenarkan peran kapal AS untuk mencairkan bahan kimia dan mengatakan produk sampingan yang dihasilkan akan dihancurkan oleh perusahaan-perusahaan swasta. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...