Rabu, 04 Desember 2013

Betulkah CIA Mengoperasikan Pusat Penyiksaan?

CIA atau Badan Intelijen Amerika Serikat dituduh sebagai otak yang menjalankan pusat penyiksaan dan penjara di Polandia. Klaim ini disampaikan pengacara dua tersangka teroris dalam persidangan yang digelar pengadilan hak asasi manusia Eropa di Strasbourg, Prancis, hari Selasa (03/12/13). 

Betulkah CIA Mengoperasikan Pusat Penyiksaan?
Foto Ilustrasi penjagaan penjara di Polandia

Abu Zubaydah dan Abd al-Rahim al-Nashiri mengeluarkan klaim mengalami penyiksaan di satu penjara rahasia di Polandia pada 2002-2003. Dua tersangka tersebut saat ini berada di penjara Teluk Guantanamo, Kuba.

Zubaydah, warga Palestina, diduga mengatur perjalanan orang-orang yang setia kepada Osama bin Laden, termasuk mengatur perjalanan tersangka pelaku serangan 11 September 2011 di Amerika.
 


Al-Nashiri yang berkewarganegaan Arab Saudi, dituduh ikut mengatur serangan terhadap kapal Amerika USS Cole di Yaman pada 2000 yang menewaskan 17 personil Angkatan Laut.

Tim penasehat hukum tersangka mengatakan kasus yang digelar di Eropa bisa dipakai untuk membongkar operasi yang menerbangkan dan memenjarakan para tersangka di berbagai negara Eropa yang dilakukan oleh Amerika.

Sekitar setahun lalu pengadilan HAM Eropa mengalahkan Macedonia dalam kasus penyiksaan terhadap Khaled el-Masri, tersangka yang ditahan CIA. (POL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...