Selasa, 01 Desember 2015

Putin Sebut Turki Tembak SU-24 untuk Lindungi Pasokan Minyak dari ISIS

Rusia telah mengumumkan sanksi ekonomi terhadap Turki sebagai buntut penembakan pesawat tempur Rusia Sukhoi SU-24 oleh F-16 milik Turki pada Selasa (24/11) lalu. Tak cukup sampai di situ, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut penembakan tersebut untuk melindungi pasokan minyak dari ISIS ke Turki.

Putin Sebut Turki Tembak SU-24 untuk Lindungi Pasokan Minyak dari ISIS

"Kami punya setiap alasan untuk berpikir bahwa keputusan menembak jatuh pesawat kami didikte oleh keinginan untuk melindungi jalur pasokan minyak ke wilayah Turki," kata Putin.

Hal tersebut disampaikan Putin di sela Conference of Parties (COP) 21 PBB di Paris, Senin (30/11/2015). Agenda ini dihadiri oleh 150 pemimpin dunia termasuk Presiden RI Jokowi dan Presiden AS Barack Obama.


Pemerintah Rusia telah meminta pengelola jasa wisata untuk tidak menjual paket wisata ke Turki sementara waktu. Kementerian Luar Negeri Turki juga memperingatkan warganya agar tak berkunjung ke Turki hingga 'situasi menjadi jelas'.

Terkait penembakkan jet tempur Rusia, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak meminta maaf kepada Rusia. Erdogan sempat menyebut Rusia 'bermain api' dengan terlibat dalam operasi militer di Suriah terkait kelompok militan ISIS.  (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...