Selasa, 06 Januari 2015

Kapal selam China bolak balik Samudera Hindia cari emas

Sebuah kapal selam milik China melakukan penyelaman pertamanya awal 2015, mencari benda-benda logam yang langka di Samudera Hindia. Kapal selam ini mengumpulkan berbagai sampel cairan di dasar laut yang mengandung tembaga, dan juga logam mulia seperti emas dan perak.

Kapal Selam China bertenaga nuklir
Kapal Selam China bertenaga nuklir

Proyek yang berlangsung selama 120 hari di Samudera Hindia seperti mencerminkan jika China kurang akan sumber daya alam dan sepertinya berencana akan melakukan pembangunan jangka panjang lantaran mereka juga dapat sampel batuan dan air dari Samudera Hindia.


"Menyelam di kedalaman samudera memungkinkan peneliti untuk melihat lubang hidrotermal aktif dan sulfida polymetallic di dasar laut serta mempelajari lingkungan lokasi sampel diambil. Hal ini penting bagi China," ujar kepala misi ini, Tao Chunhui seperti yang dilansir dari Times of India, Senin (5/1).

Penyelaman pertama yang berlangsung Jumat pekan lalu ini merupakan bagian dari 20 lebih rencana yang sudah dijadwalkan yang disebut Jiaolong. Jiaolong sebelumnya telah melakukan ekspedisi ilmiah selama 52 hari di laut Samudera Pasifik pada Agustus lalu.

Dari ekspedisi tersebut dikumpulkan 116 sampel biologis, 22 sampel batuan, 100 kilogram kerak cobalt-rich, 24 kilogram sampel polimetallic dan juga 1.232 air laut dari Samudera Pasifik. Para ahli China juga mencoba mengoperasikan kendaraan bawah laut, Longzhu.


Sumber : Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...