Selasa, 28 Juli 2015

Vietnam Siap Beli Bomber SU-34

Untuk mengganti armada SU-22 yang sudah lama, Angkatan Udara Vietnam berencana membeli jet tempur penyerang kelas berat SU-34 Fullback Rusia, sebagai armada bomber masa depan.

Vietnam Siap Beli Bomber SU-34

Rencana itu telah dikonfirmasi oleh bagian eksport Ukroboronprom Grup (Ukraina) dalam laporan di “potensi militer Vietnam”. Dengan demikian, Vietnam dapat membeli pesawat tempur Su-34 dan beberapa senjata modern lainnya, dari negara eks Uni Soviet dan negara Eropa Timur lainnya.

Kabarnya ini bukan pertama kalinya tentang spekulasi kemungkinan Vietnam membeli pesawat tempur Su-34. 8 Januari 2013, kantor berita Itar Tass Rusia juga melaporkan informasi ini.


Dengan demikian, Vietnam Angkatan Udara pasti akan membeli Su-34 untuk menggantikan pesawat Su-22 yang usang. Saat ini, Angkatan Udara Vietnam masih mempertahankan banyak pesawat Su-22M4/UM3K bantuan Soviet dan sebagian dibeli dari tahun 1990-an.


Vietnam Siap Beli Bomber SU-34

Pesawat ini memiliki misi serangan untuk menghancurkan semua target di darat atau di laut dengan rudal ataupun bom. Bahkan, bila perlu mampu melakukan pre-emptive strike. Tuntutan perang modern kini sulit dipenuhi oleh Su-22 Vietnam karena usia teknologinya yang sudah tua.

Tidak hanya Rusia dan Ukraina, spekulasi tentang pembelian SU-34 oleh Vietnam juga sudah diberitakan oleh media China pada tahun 2012. Media itu mengatakan bahwa, setiap kali Rusia sepakat meng-ekspor SU-34, maka Vietnam akan menjadi pelanggan yang pertama.



Su-34 merupakan pesawat generasi 4+ yang mampu melakukan misi tempur di segala kondisi waktu, cuaca. Dengan kecepatan jelajah maksimum sekitar 1.900km/jam, jangkauan SU-34 diperkirakan 4.500 km.

Kokpit SU-34 yang dilengkapi dengan perangkat elektronik sangat modern, dirancang dengan dua pilot yang duduk berdampingan di fasilitas tempur. Dilengkapi dengan fungsi multi-display, kokpit memberikan pilot informasi tentang situasi multidimensi.



Elektronik pesawat dirancang dengan format komputer terbuka dan Su-34 mampu bertempur dengan beberapa musuh sekaligus. Dengan kapasitas bahan bakar yang sangat besar, Su-34 bisa terbang 4.500 kilometer tanpa mengisi bahan bakar.

Pesawat ini dirancang dengan tugas utama untuk serangan darat, tapi Su-34 tetap memiliki kemampuan udara yang tangguh. Dengan kemampuan untuk membawa sejumlah besar senjata, militer Rusia menjuluki pesawat ini dengan nama “tank terbang”.

Su-34 dirancang dengan 12 pylons (cantolan senjata) dan membawa senjata hingga 8.000 kg. SU-34 juga bisa dilengkapi dengan senjata presisi tinggi buatan Rusia terbaru. Fighter Bomber SU-34 juga membawa meriam 30 mm GSH-30-1 sama dengan pesawat Su-27 /Su-30.

baodatviet.vn | jkgr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...