Minggu, 03 Januari 2016

Kitab Suci Nazi Bebas Dijualbelikan Bulan ini

Buku fenomenal yang dijadikan sebagai sumber ideologi dan manifesto Nazi pimpinan Adolf Hitler, Mein Kampf atau yang dalam terjemahan Indonesia berarti “Perjuangan Ku”, akhirnya diperjualbelikan bebas di Jerman.

Kitab Suci Nazi Bebas Dijualbelikan Bulan ini

Rencananya, seperti diberitakan CNN, pekan depan buku yang sempat menjadi tabu bagi bangsa Jerman itu bisa didapatkan di toko-toko buku, atas prakarsa Institut Sejarah Kontemporer Jerman. Harganya mencapai Rp 800 ribu.

Penjualan bebas ini merupakan pertama kalinya dilakukan negara itu selepas Perang dunia Kedua. Buku suci bagi para penggila Nazi ini, pertama kali dicetak pada 1925. Hari itu merupakan delapan tahun sebelum Hitler sang diktator berkuasa.


Awalnya Mein Kampf merupakan kitab manifesto pergerakan Nazi di seluruh daratan Eropa. Namun, Setelah tentara Nazi dikalahkan Sukutu pada 1945, pasukan Sekutu menyerahkan hak cipta buku tersebut kepada negara bagian Bavaria.

Semenjak saat itu, pemerintah setempat menolak mengizinkan buku tersebut dicetak kembali untuk mencegah terpicunya kebencian.

Januari ini, berdasarkan hukum Jerman, hak cipta Meinkampf berakhir. Sebab
hak cipta sebuah buku berdasarkan aturan setempat berakhir dalam 70 tahun. Sehingga awal Januari 2016 ini para penerbit mendapatkan akses bebas terhadap naskah aslinya.

Penerbitan ulang Mein Kamp akan disertai catatan kritis para ahli di Jerman. Teks dan komentar berjumlah ribuan dari para ahli itu bertujuan untuk menghilangkan mitos tentang isu buku itu yang selama ini berkembang di masyarakat.

Para sejarawan Jerman juga menyambut penerbitan buku ini untuk membantu memahami apa yang terjadi di Jerman pada era Partai Nazi berkuasa. (CNN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...