Rabu, 07 September 2016

Angkatan Laut Inggris Uji Coba Speedboat Mata-mata Tanpa Awak

Angkatan laut (AL) kerajaan Inggris tengah menjelajahi perang maritim di masa depan. Mereka tengah menguji sebuah speedboat nirawak di Sungai Thames. Perahu yang mempunyai tugas pengawasan dan pengintaian itu mempunyai panjang 34 kaki dan dapat melacak target dengan kecepatan 60 mph.

Angkatan Laut Inggris Uji Coba Speedboat Mata-mata Tanpa Awak


Perahu tak bersenjata yang diberi nama Maritime Autonomy Surface Testbed (MAST) ini adalah salah satu dari 40 ptototype yang dimiliki AL Inggris. Perahu ini akan diuji dalam latihan Unmanned Warrior pada bulan Oktober mendatang di lepas pantai utara Skotlandia. MAST adalah generasi terbaru perahu yang dilengkapi sensor untuk pemandu dan misi mata-mata dikutip dari Sputniknews, Rabu (7/9/2016).

Menurut AL Inggris, MAST dapat dikendarai manusia atau dioperasikan jarak jauh atau otomatis berkat teknologi deteksi penginderaan. "Ini adalah kesempatan untuk mengambil lompatan besar dalam sistem maritim," kata Peter Pipkin, perwira AL Inggris


"Bukan mengambil alih tugas manusia tetapi untuk meningkatkan segala sesuatu yang mereka lakukan, untuk memperluas jangkauan kami, penglihatan kami, rentang waktu, dan efisiensi dengan menggunakan robot cerdas dan dapat dikendalikan di laut," sambungnya.

MAST dibuat berdasarkan lambung kapal selam Bladerunner dan dibangun untuk Departemen Pertahanan. Perahu drone ini mempunyai tekonologi yang masih dirahasiakan. Menurut Direktur Ilmu Militer di Royal United Services Institute, perahu generasi terbaru itu dibangun untuk menjalankan tugas yang "kusam, kotor, dan berbahaya", tetapi juga digunakan untuk melindungi kapal perang dari speedboat musuh.

Quintana mengklaim ada sejumlah keraguan dari pemimpin militer untuk mempersenjatai MAST. "Penggunaan sistem tak berawak untuk memberikan kekuatan mematikan masih sangat kontroversial. Ini menghadapi segala macam tantangan hukum, jadi saya pikir akan jalan yang cukup sulit," tutur Quintana. (Sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...