Sabtu, 21 Mei 2016

Brunei Berencana Beli Sukhoi Su 35

Juru bicara Kremlin, Dmtry Peskov menuturkan, Brunei Darusalam memiliki rencana untuk membeli beberapa unit Sukhoi dari Rusia. Rencana itu terungkap kala terjadi pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Sochi, Rusia.

Brunei Berencana Beli Sukhoi Su 35

"Pengiriman superjet produksi kami ke Brunei mungkin saja terjadi," ucap Peskov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Itar-tass pada Jumat (20/5).

Sebelum Brunei, Indonesia dan Malaysia sudah terlebih dahulu membeli salah satu jet tempur paling canggih di dunia tersebut. Indonesia bahkan pada akhir tahun lalu sudah menandatangi perjanjian pembelian Su-35, yang tidak lain adalah generasi terbaru Sukhoi.


Indonesia juga dikabarkan ingin memborong Sukhoi jenis lainnya, namun hal itu segera dibantah oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Retno menuturkan pembahasan kerjasama pertahanan Indonesia dan Rusia mencakup wilayah yang lebih luas, dan bukan soal pembelian Sukhoi.

Kembali pada Brunei dan Rusia, Peskov di kesempatan yang sama juga menuturkan bahwa Brunei dan Rusia berencana untuk dapat menjalin kerjasama dalam industri gas alam dan minyak. Peskov menambahkan bahwa perusahaan minyak Rusia untuk pertama kalinya telah membeli minyak dari perusahaan Brunei.

"Sebuah kesempatan untuk bekerja sama dalam produksi dan pengolahan hidrokarbon dengan Brunei. Perusahaan Rusia Lukoil untuk pertama kalinya membeli minyak di Brunei, sehingga kerja sama dalam bidang energi mungkin akan terjadi," pungkasnya. (Sindo)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...