Kamis, 07 April 2016

Rusia: Tak Ada Larangan DK PBB Untuk Penjualan Jet Tempur ke Iran

Rusia merespon pernyataan Amerika Serikat (AS) terkait rencana penjualan jet tempu Su-30 ke Iran. Menurut Moskow, tidak ada satupun resolusi Dewan Kemanana (DK) PBB yang melarang penjualan jet tempur tersebut.

"Penjualan jet tersebut tidak dilarang, mereka diperbolehkan, dan ini mengikuti dari teks resolusi," kata Kepala departemen Kementerian Luar Negeri Rusia untuk non-proliferasi dan pengawasan senjata, Mikhail Ulyanov, seperti dilansir Iran Front Page pada Rabu (6/4).


Tak Ada Larangan DK PBB Untuk Penjualan Jet Tempur ke Iran

Sebelumnya, Pejabat urusan politik di Kementerian Luar Negeri AS, Thomas Shannon menyatakan, pihaknya akan mencegah Rusia melakukan penjualan senjata tersebut melalui DK PBB. Dirinya menyebut penjualan senjata itu melanggar resolusi DK PBB 2231, yang terkait dengan kesepakatan nuklir dengan Iran.


"Kami akan memblokir kesepakatan penjualan jet tempur tersebut," katanya saat berbicara di sidang Senat AS Komite Hubungan Luar Negeri. Dirinya mencatat, setiap penjualan tersebut harus disetujui oleh DK PBB.

Terkait izin penjualan, Ulyanov menuturkan pihaknya tidak memiliki kewajiban untuk melaporkan dan mendapatkan izin dari DK PBB untuk melakukan kesepakatan penjualan Su-30 degan Iran. "Sejauh ini, kami tidak pernah menyampaikan pemberitahuan terkait kesepakatan semacam ini," ucapnya. (SindoNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...