Sabtu, 30 April 2016

Pesawat Sukhoi SU-27 Cegat Pesawat Pengintai Amerika Serikat

Insiden antara pesawat Amerika Serikat (AS) dengan Rusia kembali terjadi di Laut Baltik. Kali ini, Departemen Pertahanan AS mengatakan sebuah SU-27 bermanuver dalam jarak dekat di atas pesawat pengintai RC-135 AS pada Jumat, 29 April.

Pesawat Sukhoi SU-27 Cegat Pesawat Pengintai Amerika Serikat

Dalam keterangannya, juru bicara angkatan darat AS, Letnan Kolonel Michelle L. Baldanza mengatakan pesawat Rusia tersebut menghampiri pesawat AS dalam jarak sekira 7,5 meter kemudian melakukan manuver berputar ke atas untuk berpindah sisi.

“Pesawat SU-27 mencegat pesawat AS yang melakukan penerbangan rutin dengan kecepatan tinggi dari sisi kemudian melakukan manuver agresif yang memberikan ancaman pada keselamatan kru penerbang AS di dalam Rc-135,” kata Michelle sebagaimana dilansir CNN, Sabtu (30/4/2016).


Ini adalah insiden kedua yang melibatkan manuver sejenis yang dilakukan oleh Rusia terhadap pesawat AS dalam beberapa pekan terakhir. Pentagon kemungkinan akan mengajukan protes pada Kremlin mengenai insiden ini.

Sebelumnya, pada 14 April, dua pesawat SU-27 terbang melakukan pencegatan dalam jarak sekira 15 meter dari psesawat RC-135 AS sebelum melakukan manuver berbahaya. Dua hari sebelumnya, pesawat Rusia sejenis juga melakukan manuver berbahaya di dekat kapal perusak AS USS Donald Cook di Laut Baltik. (OkeZone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...