Kamis, 21 April 2016

PBB : Senjata Kimia Masih Jadi Ancaman Eddi Santosa

Senjata kimia masih jadi ancaman. Oleh karena itu, kerja sama PBB dan Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons/OPCW (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia) diharapkan terus berlanjut.
"Saya sepenuhnya berharap hal ini akan terus berlanjut demi manfaat besar bagi kemanusiaan," ujar Sekjen PBB Ban Ki-Moon di markas OPCW, Den Haag, Rabu (20 April 2016) waktu setempat.


Senjata Kimia Masih Jadi Ancaman Eddi Santosa

Sekjen PBB dua periode dari Korea Selatan itu mengatakan, OPCW adalah sahabat dan mitra baik bagi PBB.

"Kedua lembaga telah memperdalam kerja sama secara luar biasa dalam beberapa tahun mutakhir," kata Ban Ki-Moon melalui rilis yang diterima detikcom dari OPCW.


Sementara itu Dirjen OPCW Dubes A Uzumcu menyampaikan, PBB dan OPCW memiliki tujuan sama untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan dunia dengan memusnahkan senjata kimia.

"Kemitraan PBB dan OPCW adalah sangat vital sebab misi global ini membutuhkan kewaspadaan konstan untuk mencegah munculnya kembali senjata kimia," cetus Uzumcu.

Sebelumnya kepada Sekjen PBB, Uzumcu memaparkan capaian-capaian OPCW perihal pemusnahan senjata kimia dan kegiatan lainnya yang masih berlangsung terkait dengan pelaksanaan Konvensi Senjata Kimia.

Disinggung juga antara lain mengenai Kunjungan Bantuan Teknik ke Irak dan upaya terbaru berkaitan dengan pemusnahan senjatan kimia Kategori 2 milik Libya yang masih tersisa.

Sekjen PBB dan Dirjen OPCW selanjutnya membahas tentang kemajuan dan tantangan kegiatan yang dimandatkan pada OPCW di Suriah.

PBB dan OPCW telah menunjukkan kemitraan bersejarah dan belum pernah terjadi sebelumnya untuk memusnahkan cadangan senjata kimia Suriah.

Usaha bersama tersebut memerlukan kelincahan, keahlian, koordinasi, selain kerja sama dengan negara-negara pihak untuk melakukan operasi yang sedemikian rumit.  (Deitk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...