Selasa, 12 April 2016

Bantuan AS Untuk Pelatihan Kontra Terorisme Militer Filipina Tak Buahkan Hasil

Kematian 18 tentara Filipina dalam baku tembak dengan militan Abu Sayyaf semakin kekhawatiran tentang efektivitas pasukan kontraterorisme negara Filipina, meskipun ratusan juta dolar investasi AS telah dikucurkan kepada mereka dalam melatih mereka selama hampir 15 tahun.

Militer Filipina mengatakan 52 tentara terluka dalam pertempuran ganas Sabtu dengan gerilyawan Abu Sayyaf, yang dipercaya menahan hampir dua lusin sandera di kamp-kamp hutan di selatan negara itu.



Seorang pejabat militer mengatakan seluruh peleton telah “dihapuskan dalam pertempuran” yang dimulai pada pukul 07:00 dan Empat tentara dipenggal.

Lima gerilyawan Abu Sayyaf tewas dalam 10 jam pertarungan di pulau Basilan, sekitar 550 mil selatan Manila. Di antara yang tewas adalah pejuang militan dari Maroko, kata para pejabat militer. Sebuah pernyataan militer mengidentifikasinya sebagai Mohammad Khattab, seorang instruktur pembuatan bom.


Para prajurit telah diperintahkan untuk menangkap atau membunuh komandan utama Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon, pada Sabtu malam, saat batas waktu untuk pembayaran tebusan bagi tiga sandera -dua asing Kanada dan Norwegia- mendekati pada hari Minggu, kata seorang pejabat intelijen. Ketiganya diyakini berada bersama sandera lainnya, termasuk sandera dari Indonesia dan Malaysia, di pulau dekat Jolo.

Abu Sayyaf menuntut sekitar $ 21 juta untuk setiap sandera Barat. Tidak ada berita tentang nasib mereka hingga Minggu malam.

Pertempuran di Basilan menunjukkan bahwa pasukan Filipina tidak siap untuk menangani teroris bersenjata lengkap seperti Abu Sayyaf, dan bahwa upaya lama AS untuk menguatkan militer Filipina, hanya membuahkan sedikit hasil, kata Zachary Abuza, spesialis masalah keamanan Asia Tenggara di National War College AS, Washington.

“Penilaian saya adalah bahwa [program pelatihan AS] telah mutlak membuang uang dan investasi yang mengerikan: $ 50 juta setahun sejak tahun 2002 dengan hasil yang sangat sedikit,” kata Mr. Abuza.

AS menyediakan $ 441 juta dana bantuan keamanan ke Filipina antara tahun 2002 dan 2013, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Rand Corp, think tank AS. Banyak uang yang dihabiskan untuk memperbaiki unit kontraterorisme militer Filipina. Komando Operasi Khusus militer AS dioperasikan dari pangkalan di Filipina selatan dari tahun 2002 sampai Mei tahun lalu dari mana ia bekerja sama dengan militer Filipina untuk menyerang Abu Sayyaf dan kelompok militan lainnya.

Hasil upaya ini telah mengecewakan dibandingkan dengan orang-orang dari program pelatihan serupa di Indonesia, di mana AS menghabiskan sebanyak setengah bantuan keamanan dibandingkan bantuan ke Filipina, menurut temuan studi Rand. Serangan militan di Indonesia menurun secara substansial, di Filipina mereka “meningkat 13 kali lipat antara 2002 dan 2013,” katanya, menyoroti “variasi pengembalian investasi” antara program keamanan AS di kedua negara.

Bantuan AS yang berkelanjutan ke Filipina Selatan ditujukan untuk membantu militer negara itu, untuk menurunkan jumlah korps pejuang Abu Sayyaf yang diperkirakan sekitar 300 individu yang berada di beberapa benteng hutan. Kelompok ini, dipatok kembali ke basis pulau mereka, yang selama beberapa tahun sebelumnya mampu melakukan berbagai jenis serangan spektakuler yang diluncurkan lebih jauh, seperti pada tahun 2004 ketika meledakkan sebuah feri penumpang di Manila Bay, menewaskan 116 orang.

Tetapi kemampuan militer Filipina untuk memerangi Abu Sayyaf tanpa dukungan AS telah terbukti sulit untuk mencapai tujuan, studi Rand menyarankan.

Pada hari Sabtu, militan Abu Sayyaf membebaskan mantan misionaris dari Italia yang telah ditahan selama enam bulan di Jolo, mendorong spekulasi bahwa uang tebusan telah dibayar untuk membebaskan Rolando del Torchio. Tentara telah mengatakan tidak tahu apakah uang telah berpindah tangan.


Rolando del Torchio, Warga Italia dibebaskan kelompok Abu Sayyaf, setelah bayar uang tebusan

Mr. Hapilon, berusia 50 tahun, adalah salah satu anggota paling berbahaya dari kelompok Abu Sayyaf, yang dibentuk sebagian dari al Qaeda pada 1990-an dalam upaya untuk meradikalisasi gerakan separatis Muslim yang lebih luas di selatan Filipina yang didominasi Kristen. Sebaliknya, itu berubah menjadi operasi spesialis penculikan, secara sporadis menculik kelompok orang asing dan penduduk setempat dari resor wisata terdekat dan menahan mereka di kamp-kamp yang dijaga, yang memaksa pemerintah asing dan pemerintah daerah menegosiasikan pembayaran uang tebusan bagi pembebasan mereka. Puluhan juta dolar mengalir ke wilayah miskin sebagai hasilnya.

Mr. Hapilon adalah salah satu pemimpin yang lebih tinggi dari kelompok ini, dan pemerintah AS telah menawarkan hadiah sebesar $ 5 juta untuk informasi yang mengarah kepada penangkapan atau kematiannya. Militer Filipina mengatakan seorang pria yang diyakini menjadi salah satu putranya, Ubaida Hapilon, dilaporkan tewas dalam bentrokan Sabtu, 09/4/2016.

Tentara Filipina nyaris merebut dia dalam serangan militer di pangkalan Abu Sayyaf pada tahun 2013. Dia terluka, namun pemberontak lainnya berhasil menarik Mr. Hapilon untuk diselamatkan dan ia kemudian muncul dalam sebuah video yang dirilis pada 2014 yang berjanji setia kepada Abu Bakr al -Baghdadi, khalifah diri menyatakan Negara Islam.

Sejak itu, Abu Sayyaf telah meluncurkan kampanye segar penculikan. Pihak berwenang menyalahkan kelompok ini karena mengambil 10 awak Indonesia dari kapal tunda di provinsi Tawi Tawi di Filipina selatan, sementara empat awak Malaysia dipetik dari perahu lain di lepas pantai Sabah, di Borneo Malaysia.

Para pejabat intelijen di Filipina mengatakan prihatin dengan senjata para pejuang Abu Sayyaf yang terus meningkat akibat kemarahan meraka pada pelatihan dan bantuan AS untuk militer Filipina dalam memerangi kelompok Abu Sayyaf. (JKGR)

Sumber : The Wall Street Journal / wsj.com
James Hookway

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...