Sabtu, 02 April 2016

AS Peringatkan Senjata Nuklir Jangan Sampai Jatuh ke Tangan Teroris

Presiden Amerika Serikat (AS) mengingatkan perlunya kerjasama lebih lanjut diperlukan untuk mencegah kelompok teroris mendapatkan akses senjata nuklir. Peringatan ini disampaikan Obama pada pertemuan KTT Keamanan Nuklir.

AS Peringatkan Senjata Nuklir Jangan Sampai Jatuh ke Tangan Teroris

Diberitakan AFP, Sabtu (2/4/2016), ancaman kelompok teroris senjata nuklir untuk digunakan sebagai'bom kotor' atau bahkan mendapatkan senjata atom.

"ISIS telah menggunakan senjata kimia, termasuk gas mustard, di Suriah dan Irak," kata Obama.

"Tidak ada keraguan bahwa jika orang-orang gila mendapatkan bom nuklir atau bahan nuklir, mereka pasti akan menggunakannya untuk membunuh banyak orang," ucapnya


KTT ini dhadiri oleh lusinan pimpinan dunia dan delegasi untuk pengamanan stok nuklir. Obama mengatakan ada sekitar 2.000 ton bahan nuklir tersimpan di seluruh dunia dan berada di fasilitas sipil dan militer, dan beberapa di antaranya tidak aman.

"Hanya jumlah terkecil plutonium, seukuran apel akan membunuh dan melukai ratusan ribu orang yang tidak bersalah," kata Obama.

Pelaksaan KTT keamanan nuklir dilaksanakan setelah penyerangan di Paris dan Brussels yang menewaskan puluhan orang dan tuduhan ketidakmampuan Eropa melacak serangan itu yan dilakukan oleh ISIS.  (Detik)

1 komentar:

  1. Amerika seharus ber kaca , yang pernah membom negara Jepang dengan NUKLIR , sekarang Amerika merasa khawatir negara nya akan di bom Nuklir....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...