Jumat, 25 Maret 2016

Korea Utara Sukses Uji Mesin Roket Balistik

Korea Utara (Korut) mengklaim berhasil menguji coba mesin roket balistik berbahan bakar padat yang diawasi langsung oleh pemimpin mereka, Kim Jong-un. Keberhasilan itu membuat Kim Jong-un senang.

Korea Utara Sukses Uji Mesin Roket Balistik

Klaim itu muncul dari laporan kantor berita pemerintah Korut, KCNA, Kamis (24/3/2016). Jika klaim itu benar, maka rezim Pyongyang terus bekerja untuk program rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dilarang Dewan Keamanan PBB.

”(Kim) mencatat dengan senang hati bahwa tes yang sukses itu membantu meningkatkan kekuatan roket balistik yang mampu menghantam kekuatan musuh tanpa ampun,” tulis KCNA.
 


Rezim Kim Jong-un pada pekan lalu juga sudah menguji coba rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Rezim itu juga telah meluncurkan roket jarak jauh yang menggunakan bahan bakar cair. Tapi, belum terkonfirmasi apakah mereka mampu membuat roket jarak jauh dengan bahan bakar padat.

Korut memang pernah mamamerkan rudal ICBM KN-08 dalam sebuah parade militer besar-besaran. Namun, rudal ICBM itu tidak pernah dikonfirmasi apakah penah diuji coba atau belum.

Klaim kesuksesan uji coba mesin roket balistik Korut itu muncul setelah beberapa hari militer Korut menembakkan sejumlah rudal jarak pendek dan jarak menengah ke Laut Jepang atau Laut Timur.

Manuver rudal-rudal Korut itu telah membuat Korea Selatan (Korsel) dan Jepang waswas. Pemerintah Korsel menyatakan bahwa militer mereka siaga tinggi, dengan Jepang siap mencegat setiap rudal yang memasuki wilayah mereka. (SindoNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...