Rabu, 30 Maret 2016

Amerika Nilai Kebijakan Indonesia Role Model dalam Sikapi Laut China Selatan

Indonesia dinilai sebagai role model yang dapat dijadikan panutan negara lain dalam menyikapi sengketa di perairan Laut China Selatan, ucap seorang pengamat dari Amerika Serikat.

Peter Dutton, Profesor bidang Kajian Strategis dan Studi Maritim Tiongkok dari US Naval War College, mengatakan Indonesia adalah negara ASEAN terkuat untuk menengahi permasalahan Laut China Selatan yang tak kunjung usai.  


Amerika Nilai Kebijakan Indonesia Role Model dalam Sikapi Laut China Selatan

"Indonesia punya peran pemimpin yang kuat. Indonesia dan AS bersama dengan mitra-mitra lain seperti Singapura, India dan Australia harus berdiskusi lebih lanjut tentang Laut China Selatan," ungkap Peter Dutton melalui teleconference langsung dari Boston, AS, Rabu (30/3/2016).

Terkait kepemimpinan yang kuat, Peter mengungkapkan Indonesia seharusnya bisa mengeluarkan kebijakan-kebijakan aktif terkait Laut China Selatan.


"Itu role penting dalam masalah ini dan juga bisa lebih menjelaskan posisi Indonesia terhadap masalah ini," lanjut Peter, yang juga petinggi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta. "Indonesia bisa menjadi model bagi negara-negara lain. Indonesia tidak bisa dipandang rendah."

Selama ini Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Klaim sepihak membuat sejumlah negara tetangga geram, di antaranya Taiwan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam.

Filipina sempat menggugat sengketa Laut China Selatan ini ke Pengadilan Arbitrase Internasional di Den Haag pada November 2015. Namun Tiongkok tetap pada pendiriannya bahwa sebagian besar Laut China Selatan memang miliknya.

Sebagai negara non-claimant yang tidak memiliki overlapping claim baik di perairan teritorial, zona ekslusif ekonomi serta landas kontinen dalam isu Laut China Selatan, Indonesia cukup hanya memerhatikan dengan seksama perkembangan di kawasan tersebut. (MetroTVNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...