Rabu, 17 Februari 2016

Lima Pesawat Tempur Rusia yang Diperhitungkan Dunia

Siapa tidak mengenal Rusia. Negara yang dahulu bernama Uni Soviet itu adalah seteru abadi dari negara adidaya Amerika Serikat (AS). AS selalu menganggap kehadiran Rusia menjadi momok paling menakutkan yang harus selalu diwaspadai pergerakannya.

Lima Pesawat Tempur Rusia yang Diperhitungkan Dunia

Rivalitas AS dan Rusia telah dimulai sejak sebelum pecahnya Perang Dingin. Berbagai alutsista hingga huklir sudah mereka pamerkan kepada mata dunia. Ada banyak faktor yang membuat negeri Paman Sam begitu segan dengan negara yang dipimpin Vladimir Putin itu.

Salah satunya ialah kepemilikan lima pesawat tempur canggih Rusia yang sangat mematikan. Berikut deretan "burung besi" yang dimiliki negeri Beruang Merah tersebut seperti dikutip dari nationalinterest.


Sukhoi Su-27


Su-27 merupakan pesawat tempur yang diciptakan untuk menyaingi jet tempur canggih AS yakni F-16. Namun, Su-27 lebih unggul dari segi kecepatan yang mampu meluncur dengan kecepatan 2.525 km/jam. Sementara F-16 hanya mampu mencatat speed 2.200 km/jam.

Pesawat yang diberi nama NATO Flanker itu memiliki kemampuan mengangkut rudal jarak menengah R-27R1 yang punya daya ledak lumayan besar. Indonesia, Vietnam, India dan Tiongkok merupakan negara yang menggunakan Su-27 sebagai armada tempur udaranya.

MiG-29

Pesawat tempur canggih Rusia berikutnya yaitu MiG-29. Pesawat berjuluk Fullcrum mampu bermanuver sangat mengagumkan di udara. Ia bahkan disebut-sebut lebih lincah ketimbang Su-27 dan F-16 milik AS. Pesawat ini mampu membawa berbagai jenis misil di antaranya rudal AA-8 dan AS-12 yang efektif menghancurkan objek di darat.

Beberapa negara telah menggunakan pesawat ini. Di antaranya ialah Yugoslavia saat Perang Balkan tahun 1990-an. Suriah, Kuba, Iran dan Korea Utara juga mengandalkan MiG-29 sebagai armada Angkatan Udaranya.

Sukhoi Su-35

Pesawat tempur Su-35 diproduksi guna menjawab tantangan era pasca Perang Dingin. Su-35 merupakan pengembangan dari Su-27. Pesawat berjuluk Super Flanker ini dapat mengangkut beberapa rudal seperti K-77ME dan KH-59

Ia mampu melesat dengan kecepatan maksimum hingga 2.390 km/jam dengan radius jelajah melampaui pendahulunya Flanker dan dapat memboyong beban rudal berbobot 8.000 kg.

Sukhoi T-50

Pesawat tempur Rusia satu ini punya kecepatan gila yang mencapai 2.600 km/jam. Ia juga dilengkapi berbagai alat tempur penghancur seperti R77, 1.500 kg bom darat dan senapan mesin yang mampu memuntahkan 1.800 peluru per detik.

Sukhoi T-50 jauh lebih unggul dari para pendahulunya pendahulunya. Pejabat pertahanan AS berspekulasi bahwa Sukhoi T-50 lebih lincah dari F-35 milik AS. Pesawat ini juga baru digunakan oleh Rusia sendiri.

Tupolev Tu-160

Pesawat pengebom (bomber) berjuluk Blackjack ini memiliki kecepatan maksimum 2.220 km/jam. Fakta itu jelas melampaui maximum speed pesawat pengebom AS, B1-B Lancer (1.448 km/jam) dan B-52 yang hanya mampu melesat 1.000 km/jam. Pesawat ini juga mampu memboyong senjata nuklir dan konvensional. Pesawat ini mampu membawa hulu ledak dengan radius hingga 3.000 km. (OkeZone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...