Kamis, 11 Februari 2016

Korea Utara Eksekusi Pimpinan Militernya

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap melaporkan bahwa Korea Utara dikabarkan telah mengeksekusi Kepala Staf Militer, Ri Yong Gil, pada hari Rabu kemarin (10 Februari). Jika kabar itu benar, maka hal tersebut akan menjadi serangkaian eksekusi, pembersihan, dan penghilangan yang dilakukan oleh seorang pemimpin muda Korea Utara.

Korea Utara Eksekusi Pimpinan Militernya

Berita ini muncul di tengah ketegangan akibat peluncuran “roket jarak jauh” yang dilakukan oleh Korea Utara pada hari Minggu kemarin. Apalagi kabar peluncuran tersebut datang sekitar sebulan setelah adanya kecaman internasional akibat uji coba nuklir keempat yang dilakukan oleh Korea Utara


Sebuah sumber yang akrab dengan urusan Korea Utara juga mengatakan kepada Reuters bahwa Ri telah dieksekusi. Sumber tersebut menolak untuk diidentifikasi, mengingat sensitivitas dari masalah ini.

Ri merupakan Kepala Staf Umum Angkatan Darat Rakyat Korea. Ia dieksekusi bulan ini atas kasus korupsi dan konspirasi antar faksi. Baik Yonhap maupun sumber yang mengatakan kepada Reuters menolak untuk mengomentari bagaimana informasi tentang eksekusi ini diperoleh. (Reuters | JKGR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...