Senin, 08 Februari 2016

Intelijen Somalia: Bom di Pesawat Daallo Dipicu dari Laptop

Sejumlah pejabat intelijen Somalia mengungkapkan ledakan TNT pada maskapai Daallo Airlines dipicu dari laptop yang dibawa oleh salah seorang penumpang. Dari rekaman yang baru dirilis, terlihat pelaku bom menyerahkan laptop kepada dua orang.

Intelijen Somalia: Bom di Pesawat Daallo Dipicu dari Laptop

Ada satu orang di antara mereka mengenakan jaket keamanan. Demikian disampaikan Badan Intelijen dan Keamanan Nasional (NISA) seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (8/2/2016).

"Dari hasil investigasi, ada sekitar 15 orang ditangkap sehubungan dengan insiden tersebut. Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa bom itu ditanam (diprogram) di laptop oleh salah satu penumpang," ujar salah seorang pejabat kemanan Somalia yang enggan disebutkan namanya kepada AFP.

Sumber juga menambahkan, dari rekaman CCTV diyakini aksi tersebut sudah terencana. Selain itu juga terkordinasi dengan jaringan tertentu yang masih didalaminya.


Bahan peledak TNT sekelas militer meledak hingga membuat lubang di dekat sayap pesawat jenis Airbus A321-111 itu. Ledakan terjadi Selasa (2/2) setelah pesawat lepas landas dari Mogadishu, ibukota Somalia.

Gambar yang beredar menunjukkan keberadaan lubang dengan ukuran sedikit lebih kecil dari pintu pesawat di salah satu sisi badan pesawat, tepatnya di atas sayap pesawat. Pemeriksaan awal saat itu mengindikasikan lubang tersebut dipicu oleh ledakan bom.

Akibat dari ledakan tersebut, satu penumpang bernama Abdullahi Abdisalam tewas. Kemudian dua penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Seorang pejabat bandara setempat memperkirakan pesawat Daallo Airlines tujuan Djibouti ini tengah mengudara di ketinggian antara 12 ribu kaki hingga 14 ribu kaki ketika ledakan terjadi.  (detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...