Senin, 22 Februari 2016

Drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat Jatuh di Afghanistan

Sebuah pesawat tak berawak Amerika Serikat kembali jatuh di lapangan terbang di wilayah Afghanistan selatan. Insiden ini terjadi kurang dari 3 bulan setelah pesawat drone AS lainnya jatuh pada November 2015 lalu.


Juru bicara Angkatan Udara AS, Kapten Bryan Bouchard mengatakam, tak ada korban luka ataupun kerusakan sipil usai jatuhnya drone MQ-9 Reaper tersebut.

"Kecelakaan terjadi di lapangan udara Kandahar," ujarnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (22/2/2016).

Setelah menghentikan misi tempurnya pada tahun 2014 lalu, militer AS masih melakukan serangan-serangan udara dengan mengggunakan drone dan pesawat lainnya di Afghanistan untuk menargetkan para tersangka militan al-Qaeda dan ISIS.


Belum diketahui penyebab jatuhnya drone tersebut. "Otoritas Angkatan Udara AS akan menyelidiki penyebab jatuhnya namun tembakan musuh bukan penyebabnya," imbuh Bouchard.

Drone-drone AS itu biasanya dikendalikan oleh para pilot dari jarak jauh di luar Afghanistan. Pesawat-pesawat tak berawak tersebut kadang bertindak sebagai pesawat pengintai, dan kadang melancarkan serangan rudal ke target-target militan.

Sebelumnya pada November 2015 lalu, sebuah Reaper lainnya yang dioperasikan di pinggiran Kandahar, hancur ketika jatuh di wilayah pegunungan Afghanistan. Penyebab jatuhnya drone tersebut tidak dirilis ke publik, namun militer AS menegaskan, serangan musuh bukan penyebab jatuhnya pesawat tanpa awak itu. (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...