Sabtu, 16 Januari 2016

Sanksi Internasional Atas Program Nuklir Iran Segera Dicabut

Sanksi-sanksi internasional yang selama ini diterapkan terhadap Iran terkait program nuklirnya, akan dicabut hari Sabtu ini. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyampaikan hal itu dan menyebutnya sebagai "hari baik bagi rakyat Iran".

Sanksi Internasional Atas Program Nuklir Iran Segera Dicabut

"Ini hari baik bagi rakyat Iran... dan juga hari baik bagi wilayah ini. Sanksi-sanksi akan dicabut hari ini," ujar Zarif kepada para wartawan di Wina, Austria seperti dikutip kantor berita Iran, ISNA dan dilansir AFP, Sabtu (16/1/2016).


Hal ini disampaikan petinggi Iran itu setelah sumber-sumber diplomatik mengatakan, badan pengawas nuklir PBB, IAEA akan menyampaikan bahwa Iran telah mematuhi kesepakatan Juli 2015 lalu dengan negara-negara besar dunia mengenai program nuklir Iran.

Sesuai kesepakatan yang dicapai pada 14 Juli 2016 tersebut, Iran setuju untuk menurunkan dengan drastis aktivitas nuklirnya. Sebagai imbalannya, Iran akan dibebaskan dari sanksi-sanksi internasional, khususnya sanksi terhadap ekspor minyak Iran.

"Ini membuktikan bahwa kita bisa menyelesaikan masalah-masalah penting lewat diplomasi, bukan ancaman dan tekanan, dan dengan demikian, hari ini pastinya hari yang penting," tandas Zarif.  (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...