Selasa, 17 November 2015

Jadi Tuan Rumah G20 2016, Xi Jinping Minta Dukungan Indonesia

China didaulat menjadi tuan rumah pertemuan G20 2016. Presiden China Xi Jinping meminta dukungan dari Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Xi Jinping saat pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di sela acara G20, Antalya, Turki.


Jadi Tuan Rumah G20 2016, Xi Jinping Minta Dukungan Indonesia

"China juga meminta dukungan Indonesia untuk keketuaan mereka tahun depan di G20, sekaligus topik atau fokus yang akan menjadi perhatian dari China," ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Hotel IC Santai, Antalya, Turki, Senin (16/11/2015).

Bambang yang juga ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu mengatakan, China mengusulkan empat topik utama dalam pertemuan G20 mendatang.


"China mengusulkan tahun depan ada empat topik yang akan ditonjolkan, yaitu pertama mengenai inovasi, kedua mengenai arsitektur keuangan internasional, khususnya peraturan-peraturan di sektor keuangan, ketiga adalah mengenai isu pembangunan dan isu penting lainnya, serta keempat adalah mengenai trade dan investment," jelas Bambang.

Bambang mengatakan, Indonesia akan mendukung penuh China sebagai tuan rumah G20 2016 nanti. Apalagi China akan melanjutkan diskusi mengenai pembiayaan infrastruktur yang dibutuhkan Indonesia.

"Indonesia tentunya mendukung penuh, apalagi China juga akan tetap melanjutkan diskusi maupun studi mengenai pembiayaan infrastruktur yang tentunya sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan juga di sisi lain Presiden Jokowi mengharapkan agar China terus bisa melakukan investasi lebih banyak di Indonesia, baik di sektor riil maupun di portofolio. Misalkan dalam bentuk surat utang negara maupun dalam bentuk instrumen portofolio lainnya," jelas Bambang. (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...