Kamis, 15 Oktober 2015

Jet Rusia Terbang Dekat Pesawat AS di Suriah

Pemerintah Rusia mengatakan salah satu jet tempurnya telah mendekati sebuah pesawat koalisi pimpinan Amerika Serikat di Suriah untuk proses identifikasi.

Kejadian ini merupakan kekhawatiran AS, yang khawatir jet Rusia dan AS dapat bertabrakan karena padatnya misi penerbangan di Suriah. 


Jet Rusia Terbang Dekat Pesawat AS di Suriah

"Pilot kami berbelok dan terbang ke jarak antara dua hingga tiga kilometer (dari pesawat), tapi bukan untuk melukai seseorang, tapi untuk mengidentifikasi objek itu milik siapa," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, seperti dilansir AFP, Rabu (14/10/2015).

Konashenkov mengatakan ini "bukan kali pertamanya" kejadian seperti itu terjadi. Pilot Rusia disebutnya kerap melihat langsung pesawat jet dan drone AS di langit Suriah.


Jubir koalisi AS Kolonel Steven Warren mengonfirmasi kejadian seperti itu. Ia mengatakan semua pilot telah bertugas dengan baik, namun jarak (dua hingga tiga kilometer) itu cukup berbahaya.

Rusia dan AS sama-sama melancarkan serangan udara di Suriah untuk menggempur kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun, AS curiga Rusia bukan hanya menghantam ISIS, tapi juga menghabisi pemberontak yang merupakan musuh Presiden Suriah Bashar al-Assad. (MetrotvNews)

1 komentar:

  1. adu nyali di Suria f-16 dg SU-30, agar pembeli tahu pesawat jet mana yg hebat dan Indonesia siap membeli........

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...