Rabu, 23 September 2015

Presiden Xi: Konflik Antara AS dan China Bisa Timbulkan Bencana

Presiden China Xi Jinping menyerukan hubungan yang lebih baik dengan Amerika Serikat. Diingatkan Xi, konflik antara kedua negara tersebut bisa mengakibatkan bencana.

Hal tersebut disampaikan Presiden Xi dalam pidatonya di Seattle, Amerika Serikat. Lawatan Xi ke AS tersebut merupakan kunjungan kenegaraannya yang pertama di negeri adikuasa itu.


Konflik Antara AS dan China Bisa Timbulkan Bencana

Dalam pidatonya seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/9/2015), Xi menekankan perlunya meningkatkan kerja sama dan pemahaman akan intensi strategis masing-masing negara.

"Kami ingin melihat lebih banyak pemahaman dan kepercayaan serta pengurangan ketegangan dan kecurigaan," ujar Xi di depan audiens yang kebanyakan merupakan pengusaha.


"Jika mereka mengalami konflik dan konfrontasi, itu akan mengakibatkan bencana bagi kedua negara dan dunia pada umumnya," tandas Xi.

Kunjungan Xi di Seattle disambut aksi-aksi demo. Di pusat kota Seattle, sekitar 100 orang menggelar aksi unjuk rasa untuk memprotes pelanggaran HAM di China.

Para demonstran pendukung Falun Gong tersebut memprotes apa yang mereka sebut sebagai pencurian organ-organ para tahanan di China.

"Para praktisi Falun Gong telah dimasukkan ke kamp-kamp kerja paksa, penjara dan rumah sakit jiwa, dan mereka telah dibunuh untuk diambil organ-organ mereka," cetus Michael Green (38), warga Seattle, seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (23/9/2015).

Di saat yang sama, sekelompok demonstran pro-China, sebagian dari mereka mengenakan topi bertuliskan "USA," meneriakkan dukungan untuk pemerintah China. Mereka melambai-lambaikan bendera China dan AS serta kain besar berwarna merah dengan tulisan "Halo Presiden Xi" dalam huruf China.

Aksi demo yang terjadi pada Selasa, 22 September malam tersebut berlangsung damai. Kepolisian setempat tidak melakukan penangkapan apapun.  (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...