Senin, 23 Maret 2015

Venezuela kumpulkan sejuta tanda tangan petisi anti-AS

Pendukung Pemerintah Venezuela mengumpulkan lebih dari satu juta tanda tangan pada Minggu (22/3) untuk menyerukan "penghentian agresi Amerika Serikat (AS)" terhadap negara Amerika Selatan itu.

Venezuela kumpulkan sejuta tanda tangan petisi anti-AS
Presiden Venezuela Nicolas Maduro membubuhkan tanda tangan untuk petisi anti-Amerika Serikat sebelum pendukungnya mulai mengumpulkan tanda tangan tanda dukungan terhadap petisi itu di seluruh Venezuela.
foto : REUTERS

"Kami akan mengumpulkan 10 juta tanda tangan dan menyerahkannya kepada Presiden AS," kata Jorge Rodriguez, Wali Kota Caracas, yang memimpin kampanye itu.

Rodriguez juga mengatakan bahwa Pemerintah Venezuela telah menerima lebih dari 2,6 juta pesan dukungan di Twitter.


Kampanye itu dimulai Kamis lalu (19/3) dan lebih dari 13.000 tempat didirikan di seluruh negeri untuk mengumpulkan tanda tangan guna menuntut Presiden Amerika Serikat Barack Obama mencabut perintah yang mengumumkan Venezuela sebagai "ancaman" bagi keamanan nasional Amerika Serikat.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro adalah orang pertama yang membubuhkan tanda tangan sebelum pendukungnya mulai mengumpulkan tanda tangan di seluruh Venezuela.

Beberapa organisasi Amerika Latin termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Amerika Selatan (Union of South American Nations/Unasur) dan Aliansi Bolivaria bagi Rakyat Amerika (Bolivarian Alliance for the Peoples of Our America/ALBA) telah mengutuk tindakan AS tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, pengumpulan tanda tangan akan berlangsung sampai 9 April, sehari sebelum pembukaan Pertemuan Puncak Amerika di Panama, Kuba, tempat Obama dijadwalkan bertemu dengan semua presiden kawasan tersebut termasuk Maduro.


(Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...