Selasa, 10 Maret 2015

Pakistan Tembakkan Rudal Berkemampuan Nuklir

Pakistan menguji tembak rudal balistik berkemampuan nuklir pada Senin (9/3/2015). Demikian pernyataan militer Pakistan.

Uji coba rudal balistik itu dilakukan seminggu setelah Pakistan untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir terlibat pembicaraan resmi dengan India.


Pakistan Tembakkan Rudal Berkemampuan Nuklir
Pakistan mengkonfirmasi telah menguji tembak rudal berkemampuan nuklir. Foto: Ilustrasi/Reuters

Militer Pakistan mengatakan rudal Shaheen III memiliki jangkauan 2.750 kilometer, dan dapat membawa hulu ledak nuklir. ”Tes peluncuran dengan titik terdampak di Laut Arab, bertujuan untuk memvalidasi berbagai desain dan parameter teknis dari sistem senjata jarak maksimum,” bunyi pernyataan militer Pakistan, seperti dilansir AFP.


India dan Pakistan setidaknya sudah tiga kali berperang sejak merdeka dari Inggris pada tahun 1947. Kedua negara ini terus berlomba-lomba meningkatkan kemampuan nuklir militernya sejak 1998.

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, mengunjungi Islamabad pekan lalu untuk melakukan pembicaraan dengan rekannya dari Pakistan. Ini adalah dialog tingkat tinggi pertama antara dua negara yang memiliki senjata nuklir sejak pemimpin Pakistan bertemu dengan pemimpin India di  New Delhi Mei 2014 lalu.

Hubungan antara kedua negara ini kerap memburuk. Pada Agustus tahun lalu, militer kedua negara bentrok di sepanjang perbatasan, setelah seorang diplomat Pakistan bertemu kubu separatis di Kashmir. (Sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...