Selasa, 24 Maret 2015

Israel Boikot Rapat PBB Soal Perang di Gaza

Perwakilan Israel tidak terlihat saat Dewan PBB untuk hak asasi manusia (HAM) memulai sesi khusus mengenai situasi di wilayah Palestina dan konflik Gaza pada 2014.

Truk yang membawa buah-buahan tiba di Gaza setelah melewati wilayah Israel Kerem Shalom (Foto : Reuters)

Israel tidak memberikan penjelasan mengenai ketidakhadiran perwakilannya tersebut. Namun, sumber dekat Dewan PBB yang menolak disebutkan, menyatakan ketidakhadiran tersebut adalah bentuk upaya boikot.

“Kami menolak berkomentar mengenai masalah ini,” kata juru bicara delegasi Israel di Jenewa, seperti dikutip Middle East Online, Selasa (24/3/2015).


Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas penyelidikan mengenai perang 50 hari di Gaza pada 2014. Namun, kepala tim yang melakukan investigasi ini, William Schabas, menyatakan mundur setelah mendapat tekanan dari Pemerintah Israel. Delegasi Amerika Serikat (AS) juga tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Konflik Gaza berakhir setelah terjadi gencatan senjata antara Israel dan Palestina pada 26 Agustus 2014. Konflik tersebut adalah akibat dari penculikan tiga remaja Israel yang kemudian dinyatakan tewas. PBB yang menduga terjadi banyak pelanggaran HAM pada konflik tersebut mengirimkan tim penyelidik khusus untuk memeriksa dugaan tersebut. (Okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...