Sabtu, 28 Februari 2015

Siapakah musuh terbesar Amerika Saat ini?

Pada tahun ini, publik Amerika Serikat ternyata memiliki persepsi yang lebih negatif terhadap Rusia, dengan menempatkan Rusia sebagai ancaman terbesar bagi keamanan nasional.


Seperti dikutip oleh Foreign Policy, Sabtu, sebuah survei oleh Gallup mendapati bahwa 18 persen penduduk Amerika melihat Rusia sebagai ancaman terbesar terhadap Amerika. Di posisi kedua dengan 15 persen suara adalah Korea Utara, dan di urutan ketiga adalah Tiongkok dengan 12 persen responden memilihnya.


Bagaimana dengan survei tahun 2014?

Tahun lalu, ancaman terbesar Amerika--berdasarkan skala ancaman terhadap keamanan nasional--adalah Tiongkok dengan 20 persen suara dari responden. Di posisi kedua ada Korea Utara dan peringkat ketiga adalah Rusia.

Survei yang dilakukan 8--11 Februari 2015 terhadap 837 orang dewasa di atas 18 tahun dan tinggal di 50 negara bagian, mengindikasikan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, mulai membuat takut publik Amerika dengan agresinya ke Ukraina dan gaya politiknya yang retorik.

Sementara Korea Utara dipandang menyeramkan oleh publik Amerika, terutama bila dikaitkan dengan diretasnya Sony Pictures--yang disebut-sebut merupakan aksi Pemerintah Korea Utara.

Sementara Tiongkok dipandang sebagai ancaman bagi publik Amerika dari aspek ekonomi.

Lalu siapa di posisi ke-empat? Adalah Iran, dengan isu senjata nuklir membuat 9 persen responden memilih negara ini sebagai ancaman terbesar buat Amerika.

"Berbagai peristiwa internasional setahun terakhir, terutama yang terkait dengan sengketa Rusia terhadap Ukraina ... telah membuat negara-negara selain Tiongkok lebih menakutkan buat Amerika," kata laporan Gallup.

"Dengan ekonomi Amerika yang membaik dan ekonomi Tiongkok yang sedang melambat, ini membuat Tiongkok tidak lagi yang paling mengancam," tambahnya.

Lalu bagaimana dengan perspektif orang Rusia terhadap Amerika?

Berdasarkan survei Global Indicators Database, hanya 23 persen penduduk Rusia yang memiliki pandangan positif terhadap Amerika pada tahun 2014. Padahal pada tahun sebelumnya ada 51 persen responden memilih sikap ini.

Dalam survei Badan Penelitian Opini Publik Rusia, pada Oktober 2014, terhadap 22 persen warga Rusia yang memandang Amerika sebagai "akar dari ancaman-ancaman teroris" di dunia. (Antara)

1 komentar:

  1. Ekonomi AS akan kelidas China, dg melindas ekonomi dg sendirinya alutsista akan terlindas juga dan survival alautsista dpt merontokkan semangat militer AS. Kalau kuat melihatkan akan kelemahan, sdgkan kalau lemah hrs menunjukkan kekuatannya dan AS sdh termakan oleh stratregi militer China yg akan menguasai dunia dg lambang/sandhi liangliong melingkari dunia.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...