Selasa, 17 Februari 2015

Siap Produksi, Kemhan Rusia Pesan Dua Unit Prototipe Pesawat Il-112V

Kontrak negara untuk penyediaan pesawat Il-112V bagi Kementerian Pertahanan Federasi Rusia rencananya akan resmi berjalan tahun depan. Sementara itu, Kemenhan Rusia sendiri telah memesan dua unit prototipe pesawat angkut militer itu. Prototipe itu akan dibuat di Pabrik Aviasi Varonezh (VASO). Pesawat “pengangkut” baru kelas ringan ini diproyeksikan akan menggantikan An-26. 

Pesawat angkut militer baru ini akan sepenuhnya dibuat menggunakan komponen domestik. Kredit: TASS

Proyek pesawat Il-112V telah dimulai 10 tahun lalu. Namun, akibat anggaran yang tidak mencukupi, proyek ini sempat dibekukan di tahun 2010. Investor lama menghentikan pendanaan kegiatan uji coba konstruksi yang kala itu dijalankan oleh Perusahaan Kompleks Aviasi Ilyushin, serta menyarankan untuk mencari investor lain.


Sementara, United Aircraft Corporation, perusahaan tempat VASO bergabung juga tidak dapat memberikan bantuan dana. Padahal, di dalam pabrik yang merencanakan untuk memproduksi massal 18 unit pesawat per tahun di masa yang akan datang ini sudah dibangun landasan pacu serta perlengkapan untuk merakit empat buah prototipe. Saat ini, untuk menjalankan kembali proyek yang sempat dibekukan ini, perusahaan tinggal memeriksa dokumen-dokumen terkait desain pesawat dan bersiap meluncurkan kembali proses produksi.

Dalam kontrak negara yang diresmikan pada akhir Desember lalu, VASO akan membuat dua buah prototipe Il-112V untuk keperluan uji coba konstruksi. Satu unit untuk uji coba statik dan kelelahan (fatigue test), sedangkan yang lainnya untuk uji coba terbang. Kedua pesawat itu dijadwalkan akan siap di tahun 2016, sesuai dengan rencana dilaksanakannya penerbangan perdana..

Pesawat angkut militer baru ini akan sepenuhnya dibuat menggunakan komponen domestik. Sebanyak 30 perusahaan dan lebih dari 50 pemasok suku cadang dan komponen aviasi asal Rusia akan terlibat dalam kerja sama pembuatan pesawat tersebut. Beberapa di antaranya adalah perusahaan dari Novosibirsk, Aviakomposit, yang akan membuat moncong pesawat, Asosiasi Produsen Aviasi  Kazan yang membuat sayap dan sejumlah komponen pesawat, serta melibatkan perusahaanAviastar-SP dari Ulyanovsk dan Aviaagregat dari Samara.

Di tahun 2015 ini, penandatanganan kontrak negara untuk penyediaan pesawat Il-112V akan dilakukan. Nantinya, pesawat Il-112V siap terbang pertama akan muncul pada 2018.

Pesawat angkut operasional taktis militer Il-112V dirancang untuk pengangkutan dan penerjunan barang, senjata, kendaraan tempur, dan manusia dalam setiap kondisi geografis, meteorologis, dan iklim hingga jarak lima ribu kilometer. Berdasarkan perhitungan, pesawat ini seharusnya mempunyai kemampuan lebih dari pesawat lain di kelasnya dalam hal jarak tempuh dan kecepatan terbang, serta kemampuan terbang pada lintasan lepas landas yang pendek dan kondisi lapangan yang tidak layak. Pesawat ini juga dapat digunakan untuk tujuan transportasi komersial. (RBTH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...