Jumat, 13 Februari 2015

Perundingan Minsk Sepakati Gencatan Senjata Baru

Pembicaraan Marathon di Belarus yang berakhir pada Kamis ini ditutup dengan pengumuman gencatan senjata antara Ukraina dan pemberontak pro-Moskow.

Namun demikian, Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan bahwa "rintangan besar" tetap masih ada.


Presiden Ukraina Petro Poroshenko yang tampak muram sedang berjabat tangan dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin (Foto: AP)

Presiden Rusia Vladimir Putin yang muncul dari pertemuan puncak di ibukota Belarusia Minsk mengatakan Merkel, Presiden Perancis Francois Hollande, Presiden Ukraina Petro Poroshenko dirinya telah menyepakati poin "utama".

Putin mengatakan gencatan senjata akan berlaku pada Minggu mendatang dan senjata berat akan ditarik dari garis depan dari konflik yang telah menewaskan sedikitnya 5.300 orang dan mendorong jutaan orang dari rumah mereka.


Hollande melangkah lebih jauh, mengatakan ada kesepakatan mengenai "solusi politik yang komprehensif." Pemimpin Perancis mengatakan ada "harapan yang serius, bahkan jika semua tidak dilakukan".

Namun, Merkel berbicara hanya dari "secercah harapan".

"Saya tidak punya ilusi. Kami tidak memiliki ilusi," katanya sambil menambahkan bahwa "banyak pekerjaan" tetap di tempat.

Gencatan senjata, dimaksudkan untuk meringankan krisis yang telah menjerumuskan Barat dan Rusia dalam sengketa pahit sejak Perang Dingin, ditandatangani oleh apa yang disebut "grup kontak".

Group ini terdiri dari para pemimpin pro-Rusia separatis, utusan Rusia dan Ukraina dan mediator Eropa dari OSCE.

Gencatan senjata sebelumnya yang ditandatangani di Minsk September lalu telah dengan cepat runtuh.

Pembicaraan terakhir dipandang sebagai kesempatan terakhir bagi para pemimpin Eropa untuk menyelamatkan Ukraina dari kekalahan yang terus melebar di tangan pemberontak yang dikatakan oleh Kiev dan Barat dipersenjatai dan dilatih oleh Rusia.

Bahkan saat kesepakatan itu disepakati, Kiev dan sumber pemberontak mengatakan pertempuran selama 24 jam terakhir telah menewaskan 14 warga sipil dan dua tentara Ukraina.

Pemerintah Ukraina juga menuduh Rusia mengerahkan 50 tank lain semalam di wilayah perbatasan. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...