Senin, 02 Februari 2015

Jepang Luncurkan Satelit Mata-mata Kelima

Jepang kembali menambah deretan satelit mata-mata di orbit Minggu pekan lalu. Negeri Matahari Terbit itu meluncurkan satelit mata-mata kelima sejak awal 2000-an

Satelit yang dinamai Joho Shushu Eisei (JSE) difungsikan untuk mewaspadai ancaman terhadap negeri Samurai itu.


Satelit Mata-mata Joho Shushu Eisei (JSE) Jepang
Satelit Mata-mata Joho Shushu Eisei (JSE) Jepang

Sejak awal milenium, Jepang getol meluncurkan satelit mata-mata. Hal ini tak terlepas dari manuver Korea Utara, yang meluncurkan rudal balistik jarak menengah ke daratan Jepang pada 1998.

Guna mencegah upaya serangan dari negeri Komunias itu, Jepang kemudian berinisiatif meluncurkan satelit mata-mata pada awal 2000-an


Melansir RT.com, Senin 2 Februari 2015, satelit JSE diluncurkan atas kerjasama The Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan Mitsubishi Heavy Industries.

JAXA sejauh ini menutup rapat detail dan kemampuan satelit yang dikenal sebagai Satelit Pengumpul Informasi (IGS). Profil satelit terbatas, misalnya hanya informasi satelit terdiri dari radar pencitraan dan optik.

Selebihnya satelit itu dioperasikan oleh Pusat Intelijen Satelit Kabinet Jepang.

Sebelum meluncurkan satelit kelima itu, Jepang sudah menempatkan empat satelitnya di orbit. Keempatnya itu terdiri dari dua satelit optik dan dua satelit radar. Keempatnya dibangun oleh Mitsubishi Electric dan diluncurkan oleh Mitsubishi Heavy Industries.

Jepang belum tenang meski telah menempatkan lima satelit mata-mata. Pada Maret nanti, Jepang dikabarkan meluncurkan satu satelit mata-mata lagi. (VivaNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...