Rabu, 21 Januari 2015

ISIS Ancam Penggal Kepala Dua Sandera Jepang

ISIS meminta Tokyo membayar uang tebusan US$ 200.000.000 dalam waktu 72 jam.

Kelompok Negara Islam mengancam akan membunuh dua sandera Jepang, kecuali Tokyo membayar uang tebusan US$ 200.000.000 dalam waktu 72 jam. Ancaman ini muncul dalam sebuah video yang diposting di situs jihad pada Selasa ini.


Kenji Goto Jogo dan Haruna Yukawa
Kenji Goto Jogo dan Haruna Yukawa

Dalam rekaman, seorang militan berpakaian hitam mengacungkan pisau ke kamera dalam bahasa Inggris, berdiri di antara dua sandera yang memakai jumpsuits oranye.

"Anda sekarang memiliki 72 jam untuk menekan pemerintah Anda untuk membuat keputusan yang bijaksana dengan membayar US$ 200 juta untuk menyelamatkan nyawa warga Anda," katanya.


Militan mengatakan bahwa permintaan uang tebusan adalah untuk mengkompensasi bantuan non-militer yang Perdana Menteri Shinzo Abe janjikan untuk mendukung kampanye melawan IS selama turnya ke Timur Tengah.

Pemerintah Jepang mengatakan pihaknya sedang mencari sumber ancaman.

"Kami menyadari laporan. Kami berada dalam diskusi mengenai hal tersebut," kata seorang pejabat di divisi pencegahan terorisme kementerian luar negeri yang menolak disebutkan namanya.

Ketika ditanya apakah pemerintah menganggap video sebagai otentik, ia mengatakan: "Kami memeriksanya juga."

Salah satu sandera muncul di rekaman sebelumnya yang diposting Agustus lalu dimana ia mengidentifikasi dirinya sebagai Haruna Yukawa. Ia ditunjukkan sedang diinterogasi dengan kasar oleh para penculiknya.

Sandera kedua - Kenji Goto - adalah seorang jurnalis lepas yang mendirikan sebuah perusahaan produksi video, yang bernama Independent Press di Tokyo pada tahun 1996. Ia adalah dokumenter video di Timur Tengah dan daerah lain untuk jaringan televisi Jepang, termasuk NHK.

Ia lahir di Sendai, Miyagki, pada tahun 1967, demikian menurut situs perusahaan.


Jepang Bertekad Bebaskan Dua Warganya yang Akan Dipenggal ISIS

Pemerintah Jepang mengatakan tidak akan menyerah pada "terorisme" setelah kemunculan video yang memperlihatkan militan Islam mengancam akan membunuh dua Jepang, kecuali Jepang membayar uang tebusan US$ 200 juta.

"Sikap negara kita - kontribusi untuk memerangi terorisme, tetap tidak berubah," kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga dalam konferensi pers di Tokyo.

"Video itu berisi ancaman untuk membunuh dua orang yang tampaknya warga Jepang," kata Suga. "Kami memeriksa apakah itu kredibel.

"Pemerintah Jepang bertekad untuk melakukan yang terbaik untuk membebaskan dua warga Jepang itu sesegera mungkin."

Perdana Menteri Shinzo Abe, yang pada tur Timur Tengah akan melakukan konferensi pers segera dan akan membatalkan bagian dari kunjungannya. Namun demikian, Suga mengatakan, pertemuan puncak dengan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas akan tetap dilakukan.

"Perdana menteri akan mencari kerjasama tentang masalah ini, ketika ia bertemu (Abbas) dan pejabat pemerintah."

"Pemerintah akan mengirimkan Menteri Negara Urusan Luar Negeri Yasuhide Nakayama ke Amman di Yordania untuk memberikan instruksi," katanya. Nakayama adalah wakil menteri luar negeri Jepang. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...