Selasa, 30 Desember 2014

Amerika Serikat kirim USS Sampson cari AirAsia QZ8501

Amerika Serikat mengerahkan sebuah kapal perusak USS Sampson untuk membantu mencari pesawat jet AirAsia QZ8501 yang hilang, kata pejabat AS seperti dikutip AFP.

USS Sampson diharapkan tiba hari ini di zona pencarian pesawat QZ8501 yang menghilang Minggu di Laut Jawa dengan 162 orang penumpang dan awak.


Amerika Serikat kirim USS Sampson cari AirAsia QZ8501

"Angkatan Laut AS bekerja sama dengan pemerintah Indonesia akan mengidentifikasi kemampuan tambahan permukaan atau udara yang sangat  membantu upaya pencarian," kata Armada Ke-7 AS.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya mengatakan Indonesia telah resmi meminta bantuan AS dan menegaskan tidak ada warga negara Amerika Serikat berada dalam penerbangan tersebut.


"Kedutaan kami di Jakarta berada dalam kontak yang erat dengan pejabat Indonesia, dan hari ini, kami menerima permintaan bantuan untuk mencari pesawat itu," kata Jeffrey Rathke, juru bicara Departemen Luar Negeri.

"Kami sedang mengkaji permintaan itu untuk mengetahui cara terbaik kami dalam memenuhi permintaan bantuan Indonesia."

Dia mengaku AS memerlukuan sedikit waktu untuk mengevaluasi permintaan, tanpa merinci jenis bantuan yang mungkin diberikan Amerika Serikat.

Juru bicara Pentagon Laksamana John Kirby mengatakan bantuan dapat mencakup deteksi udara, permukaan dan sub-permukaan. "Kami siap membantu dengan cara apa pun yang mungkin," tambah dia.

Yang sudah turut dalam misi pencarian adalah Australia, Malaysia dan Singapura. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...