Selasa, 16 September 2014

Beginilah ISIS Memperoleh Senjata-senjata Mereka

Jihadis Negara Islam (ISIS) tampaknya menggunakan senjata AS yang berhasil direbut dan mendapat senjata dari pemberontak di Suriah yang selama ini dikirim oleh Arab Saudi.

Studi oleh organisasi penelitian senjata yang berbasis di London melaporkan para jihadis menggunakan sejumlah senjata buatan AS, termasuk senapan serbu M-16.


Beginilah ISIS Memperoleh Senjata-senjata Mereka

Laporan juga menemukan bahwa roket anti-tank yang digunakan oleh ISIS di Suriah identik dengan roket M79 yang ditransfer oleh Arab Saudi untuk pasukan pemberontak yang beroperasi di Suriah pada 2013.

Diperkirakan, di negara tetangga Irak, jihadis ISIS menyita sejumlah peralatan AS dari militer Irak ketika tentara meninggalkan posisi di wilayah utara ketika menghadapi serangan militan pada Juni lalu.


Seperti diketahui, Amerika Serikat menghabiskan miliaran dolar untuk pelatihan dan mempersenjatai pasukan keamanan selama bertahun-tahun dan para pejabat Amerika dan Irak berulang kali mengatakan mereka siap untuk mempertahankan keamanan dalam negeri setelah tentara AS meninggalkan Irak pada akhir 2011.

Negara Islam juga diyakini telah menyita sejumlah besar senjata dari instalasi militer Suriah, termasuk pesawat tempur. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...