Kamis, 06 Februari 2014

AS memperingatkan kemungkinan serangan teror pada Olimpiade Sochi

Pemerintah Amerika Serikat memperingatkan bahaya terorisme dalam pagelaran Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia. Salah satu bahaya yang mungkin timbul adalah serangan bom di dalam pesawat menuju lokasi pertandingan.

AS memperingatkan kemungkinan serangan teror pada Olimpiade Sochi

Hal ini diumumkan Badan Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (DHS) yang dikutip Voice of America, Rabu 5 Februari 2014, dua hari sebelum upacara pembukaan Olimpiade. DHS mewanti-wanti, teroris bisa menggunakan segala cara untuk melancarkan serangan di pesawat, termasuk bom cair yang dimasukkan di kemasan pasta gigi.

"Sistem keamanan kami mencakup beberapa tingkat kewaspadaan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, dan DHS akan terus menyesuaikan langkah keamanan dengan ancaman yang terus meningkat," kata seorang pejabat DHS.


Kelompok separatis Chechen yang berafiliasi dengan al-Qaeda telah mengancam akan mengganggu jalannya pertandingan. Rusia sendiri telah melakukan berbagai langkah pengamanan yang ketat di Sochi.

Salah satu langkah pengamanan oleh Rusia adalah melarang penumpang membawa cairan apapun dalam penerbangan menuju lokasi Olimpiade. Padahal, penerbangan lainnya masih memperbolehkan penumpang membawa cairan di tempat berukuran kurang dari 100ml.

Pemerintah Kremlin punya pengalaman buruk soal bom cairan. Pada Agustus 2004 lalu, dua pesawat penumpang Rusia diledakkan oleh teroris, menewaskan seluruh penumpang dan kru yang berjumlah lebih dari 60 orang. Diduga pelaku meledakkan pesawat dengan bom yang disembunyikan di tempat face cream. (Vivanews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...