Jumat, 03 Januari 2014

Pemindahan Senjata Kimia Suriah Belum Rampung

Batas waktu pemindahan senjata kimia dari Suriah tidak terpenuhi. Peti kemas berisi bahan-bahan berbahaya tidak bisa diangkut dari kota pelabuhan Suriah di Latakia, dan kapal-kapal Norwegia yang tadinya akan membawa peti-peti tersebut berubah haluan dan sekarang kembali ke Limassol, Siprus, untuk mengisi bahan bakar.

Pemindahan Senjata Kimia Suriah Belum Rampung
Kapal Norwegia masih di Latakia

Menurut rencana kapal-kapal ini akan kembali ke Latakia dalam beberapa hari ke depan. Wartawan BBC melaporkan (1/1/2014), saat mereka berada di satu satu kapal fregat Norwegia, Anna Holligan, melaporkan penundaan ini akan membuat masyarakat internasional kecewa.


Ia mengatakan kegagalan memenuhi tenggat akhir pemindahan senjata kimia dari Suriah menunjukkan sulitnya melakukan tugas ini, meski ada mandat internasional dan didukung oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Seharusnya tenggat pemindahan senjata kimia ini jatuh pada 31 Desember kemarin. Pemindahan senjata kimia dari Suriah dianggap sebagai salah satu faktor pendorong perundingan damai Suriah.

Hari Sabtu lalu (28/12/2013) organisasi yang melarang senjata kimia dan PBB mengatakan kegagalan memindahkan senjata kimia dari Suriah dalam beberapa hari terakhir lebih disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu kekhawatiran tentang situasi keamanan dan kendala teknis. (POL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...