Sabtu, 28 Desember 2013

Snowden Minta Setop Penyadapan

Ada hal unik yang diwartakan stasiun televisi asal Inggris, Channel 4, pada perayaan Natal, Rabu (25/12) lalu. Jika lazimnya stasiun televisi tersebut setiap tahunnya menyiarkan pesan Natal dari Ratu Inggris, Elizabeth II, kini yang menyampaikan pesan Natal adalah Edward J Snowden, sosok buronan intelijen Amerika Serikat (AS).

Snowden Minta Setop Penyadapan

Dalam rekaman video pesan Natal dengan durasi 2 menit itu, Snowden mengungkapkan kekhawatirannya aksi penyadapan telekomunikasi elektronik yang dilakukan agensi spionase AS dan Inggris bakal mengancam kehidupan privasi setiap individu.

"Seorang bayi yang baru saja lahir saat ini akan tumbuh tanpa mengenal konsep privasi," kata Snowden sembari merujuk masalah itu dengan mengacu pada referensi cerita berjudul 1984 karya George Orwell.


Dalam pesan Natalnya yang direkam di Rusia, Snowden juga meminta agar Pemerintah AS maupun Inggris menghentikan operasi penyadapan terhadap khalayak secara besar-besaran.

"Setiap percakapan yang dilakukan hari ini akan menentukan kepercayaan publik terhadap teknologi yang ada di sekitar kita, dan pemerintah seharusnya membuat aturan yang jelas mengenai hal ini," tandas mantan kontraktor NSA berusia 30 tahun itu. (KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...