Senin, 30 Desember 2013

Arab Saudi sumbang 3 miliar dolar AS untuk Angkatan Darat Lebanon

Arab Saudi akan memberikan bantuan senilai 3 miliar dolar Amerika Serikat kepada Angkatan Darat Lebanon," kata Presiden Lebanon, Michel Suleiman, Minggu, yang menyebut itu sebagai bantuan terbesar yang pernah diberikan bagi militer mereka.

Tank utama AMX 56 Leclerc buatan GIAT Industries, Prancis. Tank ini mengambil nama Jenderal Philippe Leclerc de Hauteclocque, yang memimpin Divisi Lapis Baja Kedua Tentara Prancis Merdeka, merebut Paris, pada Perang Dunia II. Sekelas dengan Leopard, banyak keunggulan ada di dalam tank Prancis ini, di antaranya sistem persenjataan dan amunisi serta penginderaan musuh. Arab Saudi menjadi pengguna di luar Prancis. (wikipedia. com)

Suleiman menyebutkan, sebagian dana tersebut akan digunakan untuk belanja senjata dari Prancis.
Tidak dirinci daftar belanja persenjataan dari Prancis yang disumbang Arab Saudi itu.

Militer Lebanon kurang memiliki persenjataan yang memadai untuk memerangi kelompok milisi internal, terutama gerilyawan Muslim Syiah dan kelompok pergerakan politik Hizbullah.


Kerajaan Arab Saudi yang beraliran Islam Sunni berupaya memperkuat Angkatan Darat Lebanon guna mengimbangi Hizbullah, yang dipandang sebagai kelompok bersenjata paling efektif di Lebanon dan didanai oleh kekuatan Syiah di regional, Iran.

"Sahabat kita dari Kerajaan Arab Saudi menunjukkan kedermawanannya dengan memberi bantuan senilai 3 miliar dolar kepada Angkatan Darat Lebanon guna memperkuat kemampuan tempurnya," kata Suleiman.

"Yang Mulia (Raja Saudi) juga memberitahukan, senjata yang akan diberikan akan dibeli dari Prancis dan akan sampai dengan segera," katanya.

Presiden Prancis, Francois Hollande, bertemu dengan Raja Abdullah dari Arab Saudi di Riyadh, Sabtu. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...