Kamis, 12 Desember 2013

Amerika dan Inggris Hentikan Bantuan Militer pada Pemberontak Suriah

Amerika Serikat dan Inggris menghentikan bantuan non-mematikan ke bagian yang dikuasai pemberontak Suriah utara pada Rabu kemarin atau sehari setelah kelompok Islamis menyerbu sebuah penyeberangan perbatasan di wilayah dekat Turki.

Amerika dan Inggris Hentikan Bantuan Militer pada Pemberontak Suriah

Sementara itu, pertemuan negara-negara Teluk Arab di Kuwait menuntut milisi asing menarik diri dari Suriah dan mendesak Presiden Bashar al-Assad tidak memiliki peran bagi masa depan Suriah.

Ribuan pengungsi Suriah di negara tetangga Lebanon kini juga harus berjuang ketika kamp-kamp darurat mereka terserang badai musim dingin yang membawa salju, hujan dan suhu beku.


Keputusan AS dan Inggris untuk menangguhkan bantuan non-mematikan ke oposisi di Suriah utara terjadi setelah gerilyawan merebut Bab al -Hawa, penyeberangan perbatasan dan basis kunci dari mainstream Gratis Tentara Suriah .

"Kami telah melihat laporan bahwa pasukan Front Islam telah menyita markas Atmeh dan gudang milik dewan militer tertinggi (FSA) dan kami jelas prihatin," aku TJ Grubisha, juru bicara Kedutaan Besar AS di Ankara.

"Karena situasi ini, Amerika Serikat telah menghentikan pengiriman bantuan non-mematikan ke Suriah utara."

Bantuan AS non-mematikan yang diberikan kepada para pemberontak sudah termasuk kendaraan lapis baja, kacamata night vision dan peralatan komunikasi canggih.

Grubisha mengatakan keputusan untuk menangguhkan bantuan tersebut tidak akan berdampak pada bantuan kemanusiaan yang dikoordinasikan oleh organisasi internasional dan non-pemerintah, termasuk PBB.

Inggris mengatakan juga telah menangguhkan bantuan non-mematikan. Juru bicara kedutaan besarnya di Ankara mengatakan keputusan itu diambil karena  situasi masih belum jelas dan tidak berarti dukungan untuk oposisi itu berkurang.

Perancis mengatakan akan terus memberikan bantuan militer non-mematikan untuk oposisi utama Koalisi Nasional dalam koordinasi dengan mitra-mitranya di Uni Eropa.

The Islamic Front, kekuatan pemberontak Islam terbesar di Suriah, merebut markas milik FSA dekat perbatasan Turki , sebelum mengambil kendali atas Bab al-Tawa. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...