Selasa, 05 November 2013

Rusia Desak Penerapan Prinsip Non-Blok di Asia Pasifik

Moskow berharap hubungan antara Amerika Serikat dan Jepang tidak akan menimbulkan masalah bagi Rusia. Hal ini ditegaskan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov saat menggelar pertemuan antar menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara.

Rusia Desak Penerapan Prinsip Non-Blok di Asia Pasifik
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

"Kami berharap bahwa hubungan Amerika Serikat dengan Jepang tidak akan menimbulkan masalah bagi Rusia," kata Lavrov.


"Ini adalah prinsip dasar kita untuk tidak pernah berteman dengan negara manapun yang merugikan orang lain. Ini adalah salah satu prioritas kebijakan luar negeri Rusia untuk memastikan tidak satu negara pun harus merasa tidak nyaman atau berisiko terhadap keamanan."

Lavrov mengatakan "itu tepatnya mengapa Rusia telah mendesak untuk pembentukan arsitektur baru di Asia-Pasifik yang akan bergantung pada prinsip-prinsip non-blok dan gagasan bahwa tidak ada negara harus menjaga keamanan sendiri dengan mengorbankan orang lain." (JN)

1 komentar:

  1. Non Blok masih relefan dlm situasi sekarang agar tdk ada penekanan thd negara2 yg melaksanakan prinsip2 demokrasi, dg prinsip2 ini diberlakukan akan memberikan manfaat ekonomi maupun kemandirian utk bernegara dan negara2 yg mengakui prinsip2 ini masih banyak serta sekarang sdh mulai sangat maju baik perekonomian maupun militernya..............

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...