Minggu, 03 November 2013

4 rudal drone AS habisi pentolan Taliban

Serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat (AS) telah menewaskan pemimpin Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud. Dia tewas setelah empat rudal drone ditembakkan ke wilayah Waziristan Utara, kemarin (1/11/2013).

Pemimpin Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud (tengah) tewas setelah ditembak 4 rudal drone AS.  foto : Reuters
Selain Mehsud, empat orang lainnya juga tewas dalam serangan itu. Termasuk dua pengawalnya Mehsud. Reuters pada Sabtu (2/11/2013), melaporkan, Mehsud tewas sehari sebelum pejabat Pakistan berencana mengirim tiga utusanya untuk memulai perundingan damai dengan Taliban.

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Chaudhry Nisar, mengatakan, serangan drone AS merupakan upaya sabotase pembicaraan damai dengan Taliban Pakistan.
 


”Di antara orang yang tewas, sebagian di antaranya, adalah pengawal pribadi Mehsud, Tariq Mehsud dan sopirnya, Abdullah Mehsud. Keduanya, orang terdekat Mehsud,” kata seorang sumber intelijen Pakistan.

Pesawat drone menembakkan empat rudal ke sebuah kompleks di Danda Darpa Khel, sebuah desa sekitar 5 km dari Ibukota Waziristan Utara, Miranshah.

Wilayah ini merupakan salah satu dari tujuh wilayah suku semi-otonomi di sepanjang perbatasan Afghanistan. Washington menganggap wilayah itu sebagai sarang utama dari Taliban dan kelompok al-Qaeda yang merencanakan serangan terhadap Barat dan Afghanistan.

“Mehsud tewas setelah menghadiri pertemuan dengan 25 pimpinan Taliban untuk membahas tawaran perundingan damai dari pemerintah,” ujar sumber itu. (Sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...