Minggu, 27 Oktober 2013

Petinggi Intelijen Jerman Akan Labrak Badan Intelijen Amerika Serikat

Kepala Intelijen Jerman akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pekan depan untuk menuntut penjelasan menyusul tuduhan bahwa intelijen AS telah menyadap ponsel Kanselir Angela Merkel.

Petinggi Intelijen Jerman Akan Labrak Badan Intelijen Amerika Serikat
Kanselir Jerman, Angela Merkel (Foto: Ist)

"Perwakilan pemerintah berpangkat tinggi akan bergegas ke Amerika Serikat dalam rangka diskusi dengan Gedung Putih dan NSA mengenai dugaan baru ini," kata Wakil Juru Bicara Kanselir, Georg Streiter.

"Kami telah melakukan tekanan agar ini dilakukan dengan cepat," tegasnya.

Media Jerman mengutip sumber yang dekat dengan dinas intelijen melaporkan delegasi yang akan berangkat mencakup pejabat tinggi dari dinas rahasia Jerman.


Bocoran dari mantan intelijen AS Edward Snowden telah memicu kemarahan di Uni Eropa. Uni Eropa menuntut perlindungan privasi.

Skandal itu menguak pada minggu ini paska laporan ponsel Merkel disadap. Laporan ini mendorong Berlin memanggil Dubes AS di Jerman. Merkel menuduh Amerika
melakukan "pelanggaran kepercayaan" dengan mitra internasionalnya.

"Spionase antar teman, itu tidak bisa dilakukan," kata Merkel saat menuju pertemuan puncak Uni Eropa awal pekan ini. (JN)

1 komentar:

  1. Itulah pelanggaran HAM terbesar sepanjang sejarah, harusnya komunitas HAM dunia menuntut amerika untuk bertanggungjawab dan memberikan kompensasi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...