Rabu, 02 Oktober 2013

KTT APEC - Obama akan menumpang pesawat terbang PM Kanada?

Penghentian operasionalisasi pemerintahan Amerika Serikat berlandas pembatasan anggaran negara itu, pada 1 Oktober ini; juga berdampak pada pembatalan kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, ke Malaysia, pada awal Oktober ini. 

KTT APEC - Obama akan menumpang pesawat terbang PM Kanada?

Situs thewhitehouse.gov, pada Selasa petang, melansir, penghentian operasionalisasi itu menjadi satu kegagalan luar biasa Kongres Amerika Serikat mengesahkan anggaran negara itu. Terakhir kali itu terjadi pada 1995, saat Presiden Bill Clinton membatalkan kunjungannya ke KTT APEC 1995 di Jepang.


Satu hal kecil namun cukup penting terjadi pertama kali pada saat itu, di Yokohama itulah tradisi memakai kostum khas negara penyelenggara bagi para pemimpin yang hadir diberlakukan hingga kini. Biasa dinamakan APEC Costumes.

Dampak lain dari keputusan Kongres Amerika Serikat tidak meloloskan rancangan anggaran negara itu, juga vital. Air Force One, lambang supremasi Amerika Serikat di udara, sangat besar kemungkinannya didaratkan alias grounded.

Operasionalisasi Air Force One sangat mahal, karena bukan satu pesawat terbang berbasis Boeing B-747 400 yang dimodifikasi dan diperkuat-dipercanggih habis-habisan yang terbang. Melainkan sistem dan struktur pendukung lain dalam jumlah dan besaran luar biasa, termasuk personel US Secret Service.

Atas kemungkinan ini, thewhitehouse.com melansir kemungkinan tawaran dari Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, mengalihkan sementara pesawat terbang kepresidenannya ke Washington, untuk menjemput Obama ke Bali, guna menghadiri putaran pokok KTT APEC 2013, pada 7-8 Oktober nanti.

"Presiden Obama sangat mengerti bahwa kunjungan panjangnya ke Asia akan ini akan berat bagi warga Amerika Serikat. Pada titik ini, lihat saja nanti… " kalimat itu ada di lansiran thewhitehouse.gov itu. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...