Selasa, 15 Oktober 2013

Iran Tuntut Roadmap Jelas dari Negosiasi Terbaru dengan P5+1

Menteri Luar Negeri Iran mengharapkan sebuah "peta jalan" dalam negosiasi pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia pada minggu ini. Meski demikian, ia menegaskan bahwa pertemuan tingkat tinggi mungkin akan diperlukan.


Rencananya, perundingan Jenewa diatur untuk berlangsung pada Selasa dan Rabu. Perundingan ini akan menjadi perundingan dan negosiasi pertama sejak Presiden Hassan Rowhani, seorang moderat yang terkenal, mulai menjabat pada Agustus lalu.


"Saya berharap bahwa kita akan dapat mencapai roadmap pada Rabu, tapi pada dasarnya memang diperlukan pertemuan tingkat menteri yang baru," tulis Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif di halaman Facebook-nya.

Pertemuan pertama antara Zarif dan rekan-rekannya dari enam negara telah berlangsung bulan lalu di sela-sela Sidang Umum PBB yang disertai dengan pertemuan bilateral antara dirinya dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Negosiasi Jenewa akan dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi dan perwakilan dari kelompok P5 +1 yang terdiri dari Inggris, China, Perancis, Rusia dan Amerika Serikat ditambah Jerman yang akan dipimpin oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...