Minggu, 27 Oktober 2013

Brahimi Bujuk Iran Dukung Genewa 2

Utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah yang dilanda perang tiba pada Sabtu kemarin di Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan Menlu Iran yang menjadi sekutu rezim Damaskus.

Brahimi Bujuk Iran Dukung Genewa 2

Lakhdar Brahimi melakuan tur ini untuk menggalang dukungan menjelang sebuah konferensi perdamaian internasional "Genewa 2" yang akan dilakukan pada akhir November dan telah beberapa kali tertunda.

Di Teheran, ia mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Javad Zarif. Kedatangannya juga dimaksudkan untuk mengundang Teheran hadir dalam Genewa 2 tersebut.


Sebelumnya, Brahimi telah mengunjungi Turki, Yordania, Irak, Mesir, Kuwait, Oman dan Qatar untuk meminta dukungan agar pembicaraan bisa mengakhiri konflik yang telah berlangsung hingga 31 bulan itu.

Sayangnya, prospek untuk pembicaraan tampak redup karena oposisi Suriah masih terpecah dan belum memutuskan apakah akan menghadiri konferensi tersebt.

Konflik di Suriah telah menewaskan lebih dari 115.000 sejak awal Maret 2011, ketika sebuah tindakan keras pemerintah terhadap protes damai berubah menjadi perang sipil berdarah. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...